Home / RESENSI / BUKU / Sisi Menarik Buku Tentang Waktu

Sisi Menarik Buku Tentang Waktu

Judul               : Tentang Waktu

Penulis            : Tyas Effendi

Penerbit         : Gagas Media

Tahun Terbit : 2015

Jumlah Hal     : 268 halaman

ISBN                :  979-780-790-8

Peresensi       : Sandi Iswahyudi, Penggiat Klub Buku Booklicious Malang

Bagi Anda yang suka dengan alur campuran, cinta, berlatar sejarah, konflik sosial/perang. Anda harus baca buku Tentang Waktu karya Tyas Effendi. Buku ini masuk di genre time traveler. Termasuk genre baru di Gagas Media. Anda akan diajak untuk konsentrasi, melatih rasa keingin tahuan, dan belajar melihat sejarah dari sisi lain.

Tyas Effendi, penulis asal Malang mengolaborasi identitasnya dengan latar utama yaitu negara Bosnia. Saya pikir, ini hal yang perlu dicontoh oleh semua penulis. Sebab masih ada penulis, yang tidak menjadikan tempat dia lahir/tempat tinggalnya dijadikan jalan cerita. Pencantuman tempat tinggal dijadikan jalan cerita merupakan langkah yang bagus.  Tempat tinggal penulis akan abadi dan dikenang oleh para pembacanya. Hal ini, juga bisa dijadikan indikator, seberapa banyak disuatu kota keberadaan seorang penulis. Seperti kata penulis terkenal, Pramoedya Ananta Toer, menulis adalah bekerja untuk keabadian. Maka, seyogyanya seorang penulis, menuliskan juga di mana dia lahir/ menjalani hidup. Di novel Tentang Waktu penulis menyantumkan beberapa nama jalan/tempat di daerah dia tinggal. Pertama, dihalaman 1, “Nada merindukan dingin beku Kota Malang.” Kedua, dihalaman 21 menyebutkan di mana dia kuliah. Ketiga dihalaman 31, mencantumkan kawasan jalan Ijen dengan deskripsi yang membuat pembaca larut dan ingin ke lokasi ini.

Tyas penyuka segala macam cerita tentang konflik sosial, khususnya perang. Lewat buku ini ingin menyampaikan bahwa konflik sosial khususnya perang, ternyata memiliki banyak sisi yang tidak banyak orang tahu. Seperti banyaknya pengorbanan-pengorbanan yang dilakukan, baik itu dalam skala kecil-besar. Contohnya, di buku ini ada relawan perang bernama Reksa yang membantu mendistribusikan cadangan makanan di ruang bawah tanah tempat pengungsi muslim Bosnia tinggal (hal 57). Kemudian disetiap tempat, bahkan peperangan pasti selalu ada cinta. Walaupun penuh dengan pertumpahan darah, cinta itu selalu tumbuh.  Karena cinta itu, seperti air ditengah tanah yang gersang. Dia pemberi keindahan, kesejukan, dan kedamaian.

Petualangan dalam buku ini baru dimulai ketika Nada, seorang mahasiswa UB yang menjadi freelance ilustrator buku. Mendapatkan vas bekas mortir yang diberikan oleh Harswenda penulis dan saksi bisu Perang Bosnia-Herzegovina 1992, yang bukunya sedang digarap olehnya. Saat itu di vas bekas mortir, Nada menemuka diagram warna melingkar yang memenuhi dasar tabung. Nada kemudian memutarnya, hingga akhirnya tubuh Nada terseret masuk menembus waktu ke Sarajevo 1993. Waktu di mana peperangan sedang terjadi (Hal 39). Kemudian, bagaimana Nada bertahan hidup di sana? Bagaimana situasi dan apakah dia bisa kembali ke masanya? Selamat membaca buku yang keren ini!

Biodata Perensensi

Nama   : Sandi Iswahyudi

No. HP : 085755711079

Status  : Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Aktif   : Komunitas Pecinta Buku Booklicious Malang

Url Blog : sandibrand.com

Riwayat pemuatan karya: Berupa cerpen, surat dan puisi dibukukan dalam bentuk antologi. Sedangkan reportase (komunitas, kegiatan, traveling, dan kuliner) dimuat di Koran Surya, Liputan6.com, halomalang.com, dan di Koran Radar Malang Jawa Pos. Argumentasi di Koran Republika. Resensi terbit di Rimanews.com, Indoleader.com, Mediamahasiswa.com, Wasathon.com, Okezone.com, dan di web Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (www.pjminews.com).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Check Also

Ayat-ayat Cinta 2

Ayat-ayat Cinta 2

Judul : Ayat-ayat Cinta 2 Penulis : Habiburahman El-Shirazy Penerbit : Republika Cetakan : III, ...

suaratangsel.com