Beranda TOPIK UTAMA NASIONAL

Apa Saja Objek Wisata Yang Ada di Raja Ampat?

487
Foto/Model : Hendra Raja Ampat

Raja Ampat, Papua, SUARA TANGSEL – Diving dan snorkeling adalah salah satu kegiatan wisata Raja Ampat yang paling terkenal. Namun, Anda harus tahu bahwa tempat wisata di Papua tidak hanya itu saja. Papua juga memiliki  hutan yang lebat, gugusan batu kapur yang berwarna-warni, aneka spesies tumbuhan langka, serta sarang penyu di tepi pantai yang dapat dijadikan sebagai objek wisata.

Sebagian wisatawan yang datang ke Raja Ampat diantaranya milih untuk berselancar, karena selain pemandangan laut yang luar biasa indahnya, ternyata di Raja Ampat juga memiliki ombak laut yang cukup menantang, yang mengusik naluri para peselancar untuk menjajalnya.

Beberapa pulau di Raja Ampat yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Wayag, Pulau Waiwo, Pulau Karang, Kepulauan Gam, dan Pulau Arborek. Jika Anda ingin melihat burung cendrawasih yang menjadi satwa khas dan dilindungi di Papua, Anda dapat mengunjungi Kepulauan Gam. Di sini terdapat 4 macam jenis burung cendrawasih, yaitu cendrawasih merah, cendrawasih besar, cendrawasih kecil, dan cendrawasih belah rotan.

Jika Anda tertantang untuk mendaki karang, pergilah ke Pulau Karang, di pulau ini Anda akan mendaki karang dengan tingkat kemiringan mencapai 90 derajat. Jika berhasil sampai di atas, Anda akan terpukau dengan keindahan panorama laut Raja Ampat. Di puncak karang tersebut, Anda juga dapat melihat keselurahan pulau hijau yang dikeliling birunya air laut.

Rute transportasi  ke lokasi wisata Raja Ampat

Untuk bisa sampai ke Kepulauan Raja Ampat, tempat terdekat yang dapat dijangkau dengan pesawat terbang adalah melalui Kota Sorong, dengan jarak tempuh sekitar 6 jam penerbangan dari Jakarta. Biasanya pesawat akan transit di Makassar atau Manado. Dan, maskapai yang memiliki jadwal penerbangan menuju Kota Sorong antara lain adalah Silk Air, Garuda Indonesia, Pelita Air, dan Merpati Nusantara Air.

Selanjutnya, dari Sorong Anda akan menuju ke Waisai, ibu kota Raja Ampat. Kota Waisai  ini terletak di Pulau Waigeo, salah satu dari 4 pulau utama (pulau besar) di Kepulauan Raja Ampat. Pulau besar di Raja Ampat adalah Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Waigeo. (Reporter /Adventurer, Hendra Raha Ampat, Papua)

Editor / Redaksi : Ridwan Saleh