Home / RESENSI / BUKU / 50 Misteri Dunia

50 Misteri Dunia

Judul               : 50 Misteri Dunia Menurut Al-Quran

Penulis            : Andrie Mesapati, Luki Andriansyah, dan Gemma A

Penerbit         : Mizan Pustaka

Tahun Terbit : 2014

Jumlah Hal     : 379 halaman

ISBN                : 978-602-1337-10-3

Peresensi       : Sandi Iswahyudi, Member ITC Indonesia Medika. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

 

Apakah Anda penyuka misteri-misteri dunia? Misteri yang banyak diperbicangkan hingga dijadikan konspirasi oleh beberapa kalangan. Apakah Anda suka dengan fenomena alam, situs, artefak, dan fosil misterius di dunia? Dan apakah Anda suka traveling? Maka Anda harus memiliki buku 50 Misteri Dunia Menurut Al-Quran karya Andrie Mesapati, Luki Andriansyah, dan Gemma A. Buku ini berisi 3 bab pokok: fenomena misterius alam; situs artefak, dan fosil misterius; dan kejadian spektakuler dalam kitab suci dan bukti ilmiah kebenaran Al-Quran.

Bab 1 berisi 21 kejadian misterius alam yang membuat Anda berpikir, semua yang ada di alam memiliki kreator (Sang Pencipta). Anda akan takjub dan ingin segera traveling ke tempat-tempat tersebut. Ada satu tulisan yang paling saya suka, yaitu lima fenomena alam menakjubkan. Pertama Petir Catatumbo yang terletak di mulut Sungai Catatumbo, tempat bermuara Danau Maracaibo Venezuela. Di mana selama berabad-abad di tempat ini terjadi ledakan petir yang tidak pernah berhenti sehari pun. Bayangkan setiap jam, kilatan petir bisa terjadi sampai 280 kali atau dalam satu tahun terjadi 448.000 kali ledakan petir. Dalam setahun, terjadi petir 140-160 hari. Jangkauan petir radiusnya bisa mencapai 5 km. Penduduk Venezuela menyebutnya relampago del catatumbo. Para ilmuwan menyebutkan, fenomena Badai Petir Catatumbo terjadi akibat pertemuan arus udara panas dan kelembapan yang memenuhi sekitar kawasan sehingga menciptakan muatan listrik. Massa udara yang stabil sepanjang lereng Gunung Ades mengakibatkan terjadinya badai pasir secara hampir terus-menerus. Kedua fenomena Aurora Borealis yang terjadi pada Maret-April dan September-Oktober di langit Kutub Utara. Yaitu penampakan cahaya yang menari-nari dengan berbagai bentuk dan variasi warna.

Ketiga Pamukkale. Di mana di gunung es, terdapat sumber reservoar air panas. Terdapat di Provinsi Denizli, barat daya Turki. Permukaan Pamukkale digenangi oleh air panas. Setidaknya terdapat 17 mata air panas dengan suhu berkisar 35°-100°C. Keempat Kelimutu. Gunung api yang terletak di Pulau Flores, Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.  Di mana di puncak kawah gunung terdapat 3 danau yang berubah-ubah warna secara periodik, yakni berwarna putih, biru, dan merah. Menurut para ahli biologi dan geologi, perubahan warna disebabkan aktivitas gas gunung berapi yang menyebabkan reaksi kimia pada mineral yang terkandung di dalam danau. Kelima Air Terjun  Yosemite. Air terjun yang terletak di Taman Nasional Yosemite, California. Memiliki ketinggian sekitar 739 m. Setiap Februari ketika masuk musim gugur, menjelang matahari terbenam, air terjun ini memantulkan cahaya berwarna oranye cerah dan sekilas terlihat aliran lava.

Bab 2 terdapat 18 tulisan tentang situs, artefak, dan fosil. Seperti misteri jenglot, batu melayang, Kuil Sulaiman, the all seeing eye, mengungkap misteri segitiga bermuda, rahasia di balik simbol 666, pulau misterius Easter Island, dan knights templar. Bab 3 terdapat 10 tulisan yang menguak kejadian spektakuler dalam kitab suci dan bukti ilmiah kebenaran Al-Quran.

Di setiap tulisan terdapat gambar, dokumentasi, penjelasan ilmiah, dan bahan renungan yang disertai dengan ayat-ayat Al-Quran. Buku yang wajib Anda miliki, untuk menjawab rasa penasaran, memperkuat iman, mendapatkan penjelasan ilmiah, hingga menjadi referensi untuk traveling. Sebuah buku yang membuka wawasan kita akan kebesaran Allah SWT. “Buku yang juga mengundang Anda untuk turut mengaji misteri yang belum terpecahkan dulu dan sekarang,” Ucap Asep Setiawan.

 

Biodata Penulis Resensi50

Nama : Sandi Iswahyudi

Status : Freelance reporter di careernews.id (ECC UGM). Mahasiswa Jurusan ITP (Ilmu dan Teknologi Pangan) Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang

Aktif : Member ITC Indonesia Medika dan Member Blogger Buku Indonesia (BBI 1502280).

Check Also

Ayat-ayat Cinta 2

Ayat-ayat Cinta 2

Judul : Ayat-ayat Cinta 2 Penulis : Habiburahman El-Shirazy Penerbit : Republika Cetakan : III, ...

suaratangsel.com