Beranda BUDAYA WISATA

Hilangkan Stres Saat Pandemi Covid-19, Warga Jabodetabek Pilih Wisata Alam

734

Cibodas, SUARA TANGSEL – Meningkatnya kasus baru covid 19 dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di beberapa kawasan Jabodetabek, banyak warga melakukan terapi stres yaitu melakukan wisata alam di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). 

Curug Cibereum dan Curug Ciwalen menjadi pilihan alternatif sebagian warga jabodetabek dalam berwisata alam, selain tempat ini sejuk dengan hamparan hutan kurang lebih 22.000 hektar dan dihuni berbagai macam binatang pengunjung relatif merasa aman dengan protokoler kesehatan yang di berlakukan oleh TNGGP resort Cibodas, Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah 1 Cibodas, Bidang PTN Wilayah 1 Cianjur Jawa-Barat.

Salah satu pengunjung Curug Cibereum resort Cibodas warga Bekasi Indah (22) mengatakan Ia bersama beberapa rekan kerjanya sengaja datang ke Cibodas untuk refreshing mengisi liburan akhir pekan karena kesibukannya bekerja bukan hanya karena disituasi pandemi covid 19 saja.

“Yah disini alamnya selain sejuk air terjunnya bagus indah enak lah buat melepas lelah meski lumayan pendakian menuju lokasi, tapi terbayar letihnya saat sudah sampai Curug Cibereum apalagi ada 3 Air Terjun tadi kita lihat, pokoknya indah deh,” terangnya.

Indah juga merasa aman dan nyaman saat ia dan rekan kerjanya mengunjungi Curug Cibereum, menurutnya meski di wisata alam standar protokoler covid diwajibkan saat memasuki kawasan TNGGP resort Cibodas Curug Cibereum yaitu tetap memakai masker, mencuci tangan di pintu masuk, dan menjaga jarak.

“Ramah ramah penjaganya, gak takut saat datang kesini karena merasa nyaman, baru masuk petugas sudah menghimbau cuci tangan yah, pakai masker jaga jaraknya,” terangnya. 

Ditempat yang sama Sobirin Yuliawan (49) selaku Kepala resort Cibodas Curug Cibereum mengungkapkan pengunjung bukan hanya dapat menikmati air terjun saja namun ada beberapa spot yang bisa dinikmati saat berwisata alam di kawasan wisata ini.

“Warga Jabodetabek rata rata mengunjugi Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) yang ada di Resort Cibodas, memang banyak warga jabodetabek melakukan refreshing disaat pandemi ini karena diwisata alam ini ada 5 Spot yang bisa dinikmati keindahannya diantaranya, Curug atau air terjun Cibereum yang jaraknya 2,8 km dari Pos Pintu Masuk wisata alam Cibodas, dimana dilokasi tersebut ada tiga air terjun yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Air Terjun Cibeureum, Air Terjun  Cikundul dan Air Terjun Cidendeng,” ungkapnya.

Selain air terjun ada juga Rawa Gayonggong yang jaraknya 2,3 km dari pos pintu masuk wisata alam Cibodas, dimana dilokasi tersebut merupakan spot Selvi diatas jembatan yang terhampar ditengah rawa dengan view Gunung Pangrango sekaligus sebagai lokasi yang sering dijadikan lokasi pengamatan burung endemik Gede Pangrango.

“Spot lainnya ada Telaga Biru yang Jaraknya 1,5 km dari Pos  pintu dimana dilokasi tersebut merupakan Spot Selvi dengan view keindahan air telaga dimana pada musim tertentu air telaga tersebut berwarna kebiruan, ada juga air terjun yang jaraknya tidak jauh dari pos pintu masuk yaitu air terjun Ciwalen yang hanya berjarak 0,75 kilometer saja, dilokasi tersebut terdapat Air Terjun meskipun tidak setinggi Air Terjun yang ada di Curug Cibeureum tetapi dilokasi tersebut sering dijadikan sebagai lokasi wisata religius,” paparnya.

Tidak hanya itu Sobirin juga menambahkan pengunjung wisata alam saat ingin ke air terjun Ciwalen terdapat Canopy Trail dimana dilokasi tersebut terdapat jembatan yang membentang diantara 2 bukit yang panjangnya sekitar 150 meter dengan pesona alam Hutan Hujan Tropis (Tropical Rain Forest).

“Dilokasi Canopy Trail pengunjung sering menjadikan tempat tersebut sebagai spot selvi ataupun free wedding  dengan view tajuk pepohonan hutan tropis. Dari seluruh Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) tersebut merupakan salah satu alternatif destinasi wisata yang dapat memberikan kepuasan dalam berwisata dengan suasana alam pegunungan asri dan tentu saja dapat menghilangkan penat dan refresh bagi para  pengunjung,” pungkasnya.

Sebelumnya Penglola Taman Wisata wilayah satu resort Cibodas juga memperketat protokoler kesehatan, dengan terjun langsung kelapangan membagikan masker gratis bagi pengunjung yang tidak membawa masker juga melakukan himbauan protokoler kesehatan.

Wartawan: Ocit