Beranda SUARA BANTEN KOTA TANGSEL

Disnaker Tangsel Gandeng LPK Bimacan Tekan Angka Pengangguran

763

Tangerang Selatan, SUARA TANGSEL – Disnaker Tangsel gandeng Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bimacan gelar pelatihan menjahit sepatu untuk menekan pengangguran. Pelatihan berlangsung di LPK Bimacan, Jl. Reformasi Raya No. 3 Kawasan Oirobion Bintaro Sektor 9, Kota Tangerang Selatan, tanggal 21 Maret hingga 28 April 2022.

Sesuai laporan panitia, 51 pemuda-pemudi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Tangerang Selatan mengikuti pelatihan menjahit sepatu. Mereka adalah warga Kota Tangerang Selatan yang belum memperoleh pekerjaan tetap.

Peserta dibagi dalam 3 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 17 peserta. Kelompok pertama menjalani pelatihan selama 10 hari, tanggal 21 hingga 31 Maret 2022. Kelompok kedua tanggal 4 hingga 14 April 2022, dan kelompok ketiga tanggal, 18 hingga 28 April 2022.

Hadir pada penutupan pelatihan menjahit kelompok kedua, Kamis (14/4), adalah Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan Drs. Dadang Rahardja, MSi., Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas Kerja Muhdini, SPd., MSi., Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan Aa Jajat Sudrajat, SE., Kepala LPK Bimacan Rustam Halim, SE., dan instruktur menjahit sepatu, Nurjaya.

Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan Drs. Dadang Rahardja, MSi., yang hadir sekaligus menutup pelatihan kelompok kedua, mengungkapkan terima kasihnya kepada LPK Bimacan atas kerjasamanya menggelar pelatihan menjahit ini.

“Kerjasama ini sangat penting artinya bagi upaya pengentasan pengangguran di Kota Tangerang Selatan. Dengan keterampilan yang dimilikinya, adik-adik peserta pelatihan setidaknya memiliki peluang lebih besar untuk memasuki dunia kerja, terutama pada industri sepatu,” papar Dadang Rahardja.

Diharapkan kerjasama ini bisa terus berlanjut dengan bidang-bidang yang lain sekaligus dapat menyerap lebih banyak peserta dan calon tenaga kerja di Kota Tangerang Selatan ini, tambahnya.

Sementara itu, Kepala LPK Bimacan Darmabakti Pertiwi, Rustam Halim, SE., juga menyatakan terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan, melalui Dinas Ketenagakerjaan, LPK Bimacan diberikan kepercayaan untuk memberikan sumbangsih bagi peningkatan keterampilan calon tenaga kerja di Tangerang Selatan ini.

Selama 10 hari, peserta ditempa dengan pelatihan dan keterampilan menjahit sepatu. Mereka juga diberikan pendidikan disiplin dan atitute, tambah Rustam Halim.

“Jadi selain dibekali keterampilan, para peserta juga mendapatkan pelajaran disiplin dan cara bersikap yang baik. Sehingga ketika selesai pelatihan, peserta telah memiliki keterampilan, atitute, serta sertifikat,” papar Rustam Halim.

Dengan bekal yang telah dimilikinya, diharapkan peserta lebih siap dalam menatap masa depan dan memasuki dunia kerja, pungkasnya. (*/Red)