Beranda TOP TANGSEL PEMKOT TANGSEL

Tata Kelola Keuangan Tangsel Terus Mendapat Apresiasi

1178
Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. Foto: Istimewa

Tangsel, SUARA TANGSEL – Tata Kelola Keuangan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus mendapat apresiasi. Selama lima tahun berturut-turut, sejak 2015 hingga 2019, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menyematkan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Tangerang Selatan.

Saat ini, penilaian serupa juga tersemat pada Pemerintah Kota Tangsel terkait kekuatan fiskal. Dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 126/PMK.07/2019 tentang Peta Kapasitas Fiskal Daerah, kemandirian fiskal Tangerang Selatan berada pada status sangat tinggi, dengan catatan poinnya mencapai 3,132.

Kapasitas Fiskal Daerah adalah kemampuan keuangan daerah yang dicerminkan melalui pendapatan daerah, dikurangi pendapatan yang penggunaannya sudah ditentukan ditambah belanja tertentu. Dari formula tersebut, pemerintah membagi lima kategori KFD, yakni sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah.

Dalam catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kapasitas Fiskal Daerah juga terkait dengan kemandirian suatu daerah, termasuk komitmen kepala daerah dalam menerapkan prinsip tata kelola keuangan yang baik. Karena itu, status sangat tinggi dalam indeks Kapasitas Fiskal Daerah, termasuk mendapatkan delapan kali WTP dari BPK, menegaskan keberhasilan Pemerintah Kota Tangerang Selatan selama periode kepemimpinan Walikota Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie.

Wartawan: Muhamad Deni

Editor: Iskandar P Hadi