Beranda TOPIK UTAMA POLITIK

Survei KPN: Elektabilitas Benyamin – Pilar Ungguli Dua Paslon lain

565

Kota Tangsel, SUARA TANGSEL  – Suhu politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) semakin memanas.

Hal tersebut juga dipengaruhi oleh hasil survei yang dipublish sejumlah lembaga survei independ terkati popularitas dan elektabilitas pasangan calon yang akan berkontestasi pada Pilkada (Tangsel) pada, 9 Desember 2020 nanti.

Salah satunya adalah survei dari lembaga Kajian Politik Nasional (KPN), yang menempatkan elektabilitas pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan berada di posisi pertama mengalahkan dua pasangan calon lain,  Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dan Siti Nur Azizah-Ruhama Ben.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling kepada 440 responden di Kota Tangsel pada 17-24 Juli 2020. Sampling of error survei kurang-lebih 4,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan: 37,5%

Situ Nur Azizah-Ruhama Ben: 28%

Muhammad-Rahayu Saraswati: 26,2%

Hasil tersebut merupakan gabungan dari perolehan elektabilitas individu masing-masing calon. Adapun hasil survei elektabilitas individu yang menjadi kandidat di Pilkada Tangsel 2020 adalah:

– Benyamin Davnie: 32,9%

– Muhammad: 25%

– Siti Nur Azizah: 21,5%

– Ruhama Ben: 6,5%

– Pilar Saga Ichsan: 4,6%

– Heri Gagarin: 4,2%

– Azmi Abu Bakar: 3,4%

– Rahayu Saraswati: 1,2%

– Dradjat Sumarsono: 0,7%

KPN juga mengukur tingkat popularitas kandidat, dengan hasil serupa. Benyamin Davnie berada di posisi teratas, sementara Rahayu Saraswati berada di posisi paling bawah untuk pasangan calon yang telah mendapat rekomendasi maju dari partai.

Sementara Pilar Saga Ichsan di posisi kelima setelah Ruhamaben, Siti Nur Azizah dan Muhamad yang berada di urutan kedua.

Ketua Presidium Jaringan Rakyat Demokratik (JaReD), Agus Suprianto mengatakan, meski berada pada posisi pertama, Benyamin Davnie – Pilar Saga Ichsan tak boleh puas dengan hasil survei dari beberapa lembaga survei yang ramai dipublih di media massa atau media sosial.

Sebelumnya, selain KPN juga sudah ada survei yang dilakukan oleh Media Inovasi Survey Independent (MISI), Lembaga Survei Indonesia, Konsep Indonesia, Indopolling Network, dan Saiful Mujani Research and Consulting yang hasil relatif sama dengan hasil survei KPN.

“Angka 37,5% yang diraih Benyamin-Pilar belumlah aman, karena masih di bawah 50%. Angka ini sewaktu-waktu akan berubah, dan sangat tergantung dengan situasi politik serta kerja ekstra dari kedua pasangan yang diusung Golkar ini,” kata Agus.

Meski berada di bawah 50%, sambung Agus, Benyamin – Pilar masih memiliki peluang untuk menaikkan angka elektabilitasnya di atas 50%. “Quot and quot duet petahana dan keponakan Ratu Atut serta Airin ini bisa meraih elektabitas tinggi di atas 50%,” pungkas Agus. (1st)