Beranda SUARA BANTEN KOTA TANGSEL

IPPU-PR Ingin Kembangkan Situ di Tangsel Jadi Percontohan Destinasi Wisata di Indonesia

943

Tangerang Selatan, SUARA TANGSEL – Beberapa Situ wilayah Kota Tangerang Selatan akan menjadi design percontohan destinasi wisata di Indonesia oleh balai kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR).

hal tersebut di ungkapkan oleh Bernaldi, pengurus organisasi Ikatan Pensiunan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (IPPU-PR) wilayah Tangerang Raya. Ia menuturkan, Situ Parigi dan Situ Pondok Jagung akan di jadikan percontohan Situ yang tergolong bagus di Indonesia.

“Iya, ada dua (2) Situ yang akan di jadikan contoh keterlibatan masyarakat dalam menjaga kelestarian Situ. Rencananya, kami akan mengoptimalkan aset-aset Situ,” ucapnya

Di tambahkannya, optimal yang di maksud adalah membangun spot-spot semacam tempat berkumpulnya masyarakat. Sehingga dapat di rasakan manfaatnya untuk seluruh mahluk hidup.

“Kami design ini menjadi tempat ngumpul-ngumpul. Nanti ada kulinernya, tanaman hias jenis hidroponik, mancing dan tempat ramah lingkungan untuk anak-anak,” tegasnya (20/11/2021)

Senada dengan Bernaldi, Ruhiyat Dedi, Ketua organisasi ikatan pensiunan pekerjaan umum yang sinergi dengan dirjen kementrian mengatakan PUPR merupakan pelaksana secara operasional, pengelolaan maupun perawatan Situ se-Indonesia.

“Kami bersama rekan-rekan intinya mengoptimalkan fungsi Situ. IPPU PR ini akan menggandeng pihak ke-3 dalam melaksanakan pembangunan yang di maksud tadi. Walaupun kami di luar, kami harus terus membantu para tenaga kerja. Meski sudah lanjut usia kami ini masih mampu loh. Mahatir saja usia 90 masih punya potensi,” bebernya

Organisasi IPPU PR yang lahir bersamaan adanya kementrian PU di Indonesia tersebut memiliki tenaga central memberikan kontribusi ide dan gagasan dalam menjaga dan memaksimalkan fungsi Situ di tanah air.

“IPPU-PR membangun ini bukan memakai anggaran APBN, kami akan menggandeng pihak ketiga ataupun iuran dari para anggota organisasi. Supaya dapat membantu dan mendorong kelestarian dan menjadi tempat yang di minati masyarakat untuk berkunjung kesini,” tambah Didi

Di sebutkan Dedi, pihaknya bersinergi dengan kementrian terkait diantaranya, kementrian lingkungan hidup, kementrian PUPR dan juga kementrian kelautan dan perikanan (KKP).

Di temani oleh konsultan, dan rekannya yakni Guritno, Dedi juga menjelaskan saat menggambar peta memakai drone. Ia akan optimalkan pelaksanaan pembangunan Situ Parigi dan Pondok Jagung di awal Januari 2022 mendatang.

“Ini baru pemetaan saja. Rencananya, pembangunan yang kami laksanakan insha Allah di mulai pada Januari tahun 2022 mendatang. Kami sudah rapat dengan balai yang merupakan struktur kementrian PUPR.

Pada sejarahnya di tahun 2005 KPPU diubah menjadi Ikatan Pensiunan Pekerjaan Umum (IPPU), dengan bergabungnya Kementerian Perumahan dengan Kementerian Pekerjaan Umum, maka IPPU merupakan singkatan dari Ikatan Pensiunan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (Mhd/Adt)