Beranda HUKUM & PERISTIWA

Pelatihan Jurnalisme Kepolisian Berlanjut di Polres Pandeglang

628

Pandeglang, SUARA TANGSEL – Pelatihan Jurnalisme Kepolisian hari keempat berlanjut di Polres Pandeglang, setelah dibuka secara virtual oleh Kapolda Banten, pekan lalu.

Pelatihan untuk Bhabinkamtibmas, dan personel humas Polres Pandegalang dilanjut dengan kata pembuka pengantar dari Kapolres Pandeglang, AKBP Hamam Wahyudi, S.H., S.I.K., M.H., Jum’at (16/04/2021).

Seluruh peserta berjumlah 13 orang termasuk 4 orang jurnalis mitra. Sampai hari keempat pelatihan telah diikuti oleh 60 peserta dari Polda Banten, Polresta Serang, Polres Lebak, dan Polres Pandeglang.

Mereka menerima materi Jurnalisme Dasar, dan Jurnalisme Kepolisian, dan Menulis Jurnalistik Berbasis 5W + 1H plus desksripsi dari narasumber tunggal Suryadi, M.Si., dari Pusat Studi Kominikasi Kepolisian (PUSKOMPOL), Jakarta.

Pelatihan berjalanan dengan metode klasikal dilanjutkan dengan pembahasan melalui diskusi, dan praktik menulis berita berbasis 5W 1H plus deskripsi.

Adapun pelatihan antar Kapolres, adalah bagian dari pelaksanaan kebijakan Penguatan Manajemen Media, point ke-12 dari “12 Commander Wish” Kapolda Banten.

12 Commander Wish merupakan kebijakan Kapolda Banten, Irjen Pol. DR. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A., sebagai jabaran dari Polri yang PRESISI (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan) yang telah dicanangkan Kapolri.

Kapolres menambahkan bahwa pelatihan Jurnalisme Kepolisian diselenggarakan dengan maksud untuk mendukung program prioritas Kapolri tentang pemantapan kapasitas SDM Polri dari sudut komunikasi publik yang Presisi.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang jurnalisme dasar dalam mendukung Bhabinkamtibmas dan personel Humas Polres Pandeglang yang terampil menulis secara jurnalistik,” ujar Hamam.

Patut diperhatikan, lanjut Kapolres Hamam, pelatihan ini merupakan tuntutan tugas Polri dalam memberikan pelayanan dan informasi yang terkemas dengan baik kepada masyarakat.

“Serap ilmu jurnalistik dari narasumber, berdiskusi lah dan praktikan. Satu lagi, setelah itu giatlah berlatih,” kata AKBP Hamam seraya mengapresiasi narasumber yang sudah berkenan menjadi pemateri untuk Polres yang dipimpinnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengapresiasi Pelatihan Manajemen Media Jurnalisme Kepolisian oleh Polres Pandeglang.

“Saya sangat mengapresiasi Pelatihan Jurnalisme Kepolisian di Polres Pandeglang ini, semoga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan personel Polres Pandeglang dalam ilmu kehumasan dan Jurnalisme Kepolisian,” tutup Edy Sumardi.

Pelatihan serupa akan dilanjutkan ke Polresta Cilegon, Polres Serang (Kabupaten), dan terakhir tanggal 26 Mei 2021 di Polresta Tangerang. (*)