Beranda OPINI

Setelah Living World dan Teras Kota, Airin Resmikan Gerai Dukcapil Pamulang Square dan Plaza Bintaro

555
Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany saat meresmikan Gerai Dukcapil di Plaza Bintaro, Senin (14/9). Foto: Dok Humas Kominfo Tangsel

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Tangerang Selatan. Terutama pelayanan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang terus ditingkatkan kemudahannya.

Setelah sebelumnya meresmikan Gerai Dukcapil di Living World dan Teras Kota, Walikota Tangerang Selatan kembali meresmikan Gerai Dukcapil di Pamulang Square dan Plaza Bintaro. Dengan demikian di Kota Tangsel telah tersedia 4 Gerai Dukcapil yang bisa melayani masalah kependudukan dan catatan sipil secara mandiri.

Artinya, masyarakat Tangsel tidak perlu lagi berdesak-desakan mengantri untuk memperoleh pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil di Kelurahan, Kecamatan, maupun Disdukcapil. Keberadaan 4 Gerai Dukcapil akan memudahkan dan memangkas waktu pelayanan kependudukan dan catatan sipil.

Pembukaan gerai ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota, dimana meskipun di tengah pandemi Covid-19 ini, pelayanan kepada masyarakat harus tetap diutamakan, kata Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany saat meresmikan Gerai Dukcapil di Pamulang Square dan Plaza Bintaro, Senin (14//9).

”Dengan gerai ini, kita berharap bisa membagi tempat pelayanan kepada masyarakat, sehingga terdapat alternatif-alternatif. Pelayanan tidak hanya ada di Disdukcapil di Cilenggang dan Kecamatan, namun masyarakat di Pamulang juga bisa ke Pamulang Square, dan masyarakat Bintaro, Pondok Ranji dan sekitarnya bisa di Plaza Bintaro,” kata Walikota.

Sementara untuk pembiayaan sewa tempat, Airin memastikan bahwa tidak ada biaya yang harus dikeluarkan pemerintah. Untuk itu dirinya berterimakasih kepada pelaku usaha yang menyediakan tempat pelayanan terhadap masyarakat ini.

Airin menargetkan, gerai ini bisa dibuka di setiap kecamatan, namun dengan tetap memperhatikan aspek kemanfaatan pelayanannya bagi masyarakat. Jangan sampai nanti, ada gerainya, tapi tida memberikan manfaat kepada masyarakat, sambungnya.

Sementara ini perharinya, di setiap Gerai Dukcapil bisa mencetak hingga 50 dokumen. Dengan rincian KTP 25 dan KIA 25. Jika respon melebihi target, maka tidak menutup kemungkinan Pemerintah Kota menambahkan kuota dari yang sudah tersedia.

Yang terpenting dari aktivasi gerai ini adalah bagaimana seluruh masyarakat bisa memenuhi protokol kesehatan dan mencegah keramaian yang bisa menyebabkan kluster baru Covid-19.

Sementara, Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan menjelaskan, gerai ini merupakan hasil kerjasama Pemkot Tangsel dengan swasta. Dimana sebelumnya Tangsel sudah membuka di 2 Mall lainnya.

Pembukaan gerai ini dilakukan oleh Disdukcapil dalam rangka memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Dimana akses dimudahkan serta sosialisasi juga di maksimalkan. Dengan adanya gerai di Mall seperti ini, pelayanan Disdukcapil diharapkan bisa menyentuh masyarakat secara langsung.

Nantinya kata Dedi akan ada tiga gerai lagi dibuka di tiga kecamatan berbeda. Yaitu Ciputat, Ciputat Timur dan Setu. Disdukcapil berkomitmen untuk memberikan pelayanan adiministrasi kependudukan yang mana dibutuhkan oleh masyarakat. (ADV)