Beranda ILMU & TEKNOLOGI

Astronaut Jepang Kagumi Wilayah Indonesia Saat Melihat Dari Antariksa

128

SUARA TANGSEL — Kimiya Yui adalah Seorang astronaut berkebangsaan Jepang yang sedang menjalani misi Expedition 44 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak Juli lalu. Baru-baru ini ia mempublikasikan foto di akun twitter @Astro_Kimiya yang memperlihatkan foto wilayah Indonesia, terlihat begitu menakjubkan dari antariksa.

foto indonesia luar angkasa

“Ini foto-foto Indonesia. Negara yang sangat luas dan indah, dengan banyak pulau! Saya ingin mengunjungi negara menakjubkan ini!” tulis Kimiya pada 23 Agustus kemarin.

Dari Cuitannya itu, Kimiya menuai tanggapan sekitar 750 retweet dan lebih dari 1.300 pengikutnya yang memasukan kicauan tersebut sebagai tweet favorit mereka.

Pria yang berusia 45 tahun ini telah bergabung dengan Japan Aerospace Exploration Agency atau JAXA sekitar 2009 silam. Yui pun mendapatkan sertifikasi sebagai astronaut ISS sejak Juli 2011.

Yui bersama dua rekannya, kosmonaut veteran Oleg Kononenko dari Rusia dan astronaut NASA Kjell Lindgren, meluncur ke ISS menggunakan roket Soyuz dari Baikonur, Kazakhstan, 22 Juli bulan lalu.

Jadwal keberangkatan trio Expedition 44 seharusnya dilaksanakan pada Mei lalu, namun tertunda lantaran roket kargo Rusia yang membawa persediaan awak ISS mengalami kecelakaan pada 28 April 2015.

Selama di antariksa, tim Expedition 44 bakal memelajari sejumlah ‘kasus’ medis yang terjadi pada tubuh manusia saat berada di antariksa dengan ruang nol gravitasi. Kondisi medis tersebut melingkupi organ tubuh yang bergeser, kurangnya kalsium pada tulang, hingga melakukan eksperimen teknik menjahit luka.

Sumber : Cnn