Beranda BISNIS

Zoomlion Perkuat Kepemimpinannya di Industri Permesinan Tiongkok

37
0

CHANGSHA, Tiongkok, 16 Maret 2015 (SUARA TANGSEL/PRNewswire) — Pada tanggal 13 Maret, Zoomlion menyelenggarakan seremoni pelepasan 50 mesin crane beroda QY75V pesanan perusahaan asal India, Reliance Industries Limited di Quantang Industrial Park. Pesanan senilai 10 juta dolar ini menjadi pesanan terbesar dari luar negeri selama 2015.

Wakil general manager eksekutif Zoomlion Overseas Branch Company, Pan Zhenyang, wakil general manager Zoomlion Lifting Machinery Company, Su Ming, dan general manager Reliance Industries Limited, Jena, turut hadir di dalam event seremoni tersebut.

Reliance Industries Limited, adalah salah satu perusahaan komersial terbesar asal India, dengan lini bisnis yang meliputi sektor petrokimia, infrastruktur, telekomunikasi, energi, dll. Reliance Industries Limited membutuhkan peralatan dan permesinan yang berperforma tinggi danĀ  terjangkau. Mr. Jena menyatakan, sebelum melakukan pemesanan, Reliance Industries Limited telah terlebih dahulu membuat sejumlah perbandingan terhadap beberapa produsen permesinan terkemuka di dunia, dengan faktor meliputi harga, performa, dan layanan selama proses penawaran harga. Hasilnya, crane QY75V dari Zoomlion lah yang keluar sebagai pemenang karena berbagai teknologi mutakhir, kemampuan beradaptasi dengan medan, dan penggunaan yang cepat dan ringkas yang dimiliki produk ini.

“Crane beroda QY75V yang diekspor ke India memang memiliki spesifikasi yang khusus untuk pasar India dan dilengkapi dengan kemampuan beradaptasi dengan situasi dan kondisi medan kerja dan lingkungan,” ujar Su Ming. “Banyak produk internasional yang digunakan untuk beragam kebutuhan penting di lapangan seperti moment limiters dan pompa primer, yang sesuai dengan kompleksitas kondisi medan di India.”

Didukung oleh proses litbang yang kuat, tim teknik Zoomlion telah mengembangkan berbagai lini produk paling laris dalam beberapa tahun terakhir, menjadikan produk-produk Zoomlion pertimbangan khusus terhadap kondisi medan kerja dan cuaca di negara-negara terkait. Produk-produk dari Zoomlion sangat populer di pasar mancanegara, sehingga volume ekspor perusahaan ini mengalami pertumbuhan yang stabil tahun demi tahun.

Mengacu kepada data statistik, Zoomlion menjadi ekportir produk crane konstruksi terbesar di pasar India selama beberapa tahun terakhir.

Su Min mengatakan, pertumbuhan pesat Zoomlion di pasar mancanegara tak lain karena perusahaan ini memegang teguh prinsip produksi “Craftsman’s Spirit” dan meningkatkan alokasi sumber daya global.

Ketua Zoomlion, Zhan Chunxin, menjelaskan maksud dari “Craftsman’s Spirit” adalah dedikasi dan perhatian luar biasa yang dicurahkan selama proses produksi. Para karyawan kami memperlakukan seluruh produk kami sebagai karya seni, sehingga tak hanya respek terhadap apa yang mereka ciptakan tapi juga selalu menjaga kualitas dan inovasi demi mempertahankan standar kami.

Melalui karya yang penuh dedikasi untuk menciptakan kesempurnaan di dalam setiap produk, Zoomlion berhasil mengembangkan truk boom pump carbon-fiber sepangjang 101 meter, yang merupakan terpanjang di dunia. Selain itu, Zoomlion juga memiliki truk pemadam kebakaran tertinggi di dunia yang mampu menggapai ketinggian 113 meter, yang dilengkapi dengan crane self-elevating dengan penopang (jib) horizontal. Sedangkan, crane beroda QY75V, yang diekspor ke India, adalah salah satu mahakarya, bukti dari semangat pengrajin Zoomlion.

Untuk memperluas jangkauan produk-produknya, Zoomlion telah mendirikan jaringan penjualan dan servis di hampir 80 negara di lima benua.

Wakil general manager eksekutif Zoomlion Overseas Branch Company, Pan Zhenyang, pada seremoni tersebut, mengatakan, “Hasil positif yang dicapai oleh Zoomlion selalu mendorong kami agar dapat lebih melebarkan sayap kami ke lebih banyak negara sekaligus lebih adaptif dengan kebutuhan lokal. Prinsip strategis ini adalah bagian dari strategi globalisasi kami, yang akan membantu kami lebih jauh lagi memperluas produk-produk kami di pasar domestik dan mancanegara.”

Ketua Zoomlion, Zhan Chunxin, menyampaikan, “Perusahaan Tiongkok yang ingin sepenuhnya go international, wajib terlebih dahulu memperluas jangkauan pasar mereka dan beradaptasi dengan target pasar. Artinya, mereka harus bisa berbaur dengan kultur dan atmosfer lokal, lebih dekat dengan masyarakat, dan mematuhi berbagai kebijakan dan peraturan internasional. Dengan demikian, pada akhirnya mereka dapat mamanfaatkan, bakat-bakat, sumber daya, dan model operasi lokal, dan pada akhirnya akan saling bermanfaat bagi kedua belah pihak.”

“Zoomlion sangat siap untuk terus berekspansi ke pasar mancanegara. Tingkat pemasukan kami dari pasar mancanegara diperkirakan naik hingga 30-40% dalam tiga hingga lima tahun ke depan. Kami sangat siap berkompetisi dengan produsen-produsen besar lokal di Eropa dan Amerika, tegas presiden dan general manager senior Zoomlion Overseas Branch Company, Zhang Jianguo.Mr. Zhang yakin pengimplementasian inisiatif pemerintah Tiongkok, “One Belt and One Road”, akan membawa peluang bagi banyak produsen peralatan berkelas atas, seperti Zoomlion, untuk berekspansi di pasar mancanegara dengan lebih cepat dan lebih baik.