Beranda SUARA WARGA

Warga Poncol Kelurahan Sawah Ciputat Pilih Ketua RW 010 Secara Demokratis

74
0

Ciputat, SUARA TANGSEL – Warga Poncol, Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel)  begitu antusias mengikuti pemilihan ketua RW 010, yang berlangsung Minggu (15/5) kemarin.

Pemilihan ketua RW 010 yang membawahi tiga RT di wilayah itu dilaksanakan di Aula Majelis Ta’lim Poncol, yang berlangsung secara demokratis.

Sebelum pelaksanaan pemilihan ketua RW 010 pada Mninggu (15/5) kemarin, ada beberapa usulan warta tekait mekanisme pemilihan ketua RW yang sempat menjadi perdebatan dan protes dari sebagian warga Poncol,  diantaranya pemilihan ketua RW 010 akan dilaksanakan melalui sistem perwakilan, dengan memandatkan 10 orang dari masing-masing RT di RW 010 Poncol untuk mewakili warga lainnya dalam memilih ketua RW.

Perbedaan pandangan tersebut dipengaruhi oleh penjelasan atau sosialisasi Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Sawah, Kecamatan Ciputat, yang mengarahkan bahwa pemilihan ketua RW mengacu pada Perwal Kota Tangsel No.33 Tahun 2013 tentang Pemilihan Ketua RW di Kota Tangsel bisa dipilih cukup oleh panitia saja, yaitu selaku RT dan bawahannya yang berada di lingkungan RW setempat serta diketuai dari staff kelurahan.

“Mengacu pada Perwal No.33 Tahun 2013, Pemilihan Ketua RW bisa dipilih secara keterwakilan oleh masing-masing RT dan sekretaris serta bendaharanya saja di lingkungan RW 010 Poncol ini,” ujar Mamat selaku Sekretaris Kelurahan Sawah saat melakukan sosialisasi kepada warga beberapa waktu lalu.

Usulan pemilihan ketua RW 010 secara keterwakilan tersebut mendapatkan reaksi yang beragam dari warga Poncol yang merasa mempunyai hak pilihnya.

Nasruloh, Ketua Karang Taruna di wilayah RW 010 merasa tidak setuju jika mekanisme pemilihan ketua RW di lingkungannya dilakukan secara perwakilan karena tidak sesuai dengan asas demokrasi yang menjadi landasan dasar negara kesatuan republik Indonesia.

“Kami telah melakukan polling atau survei terhadap pandangan warga RW 010 terkait mekanisme pemilihan, ada dua hal yang kami jadikan pertanyaan untuk warga, yang isinya apakah warga setuju untuk melakukan pemilihan secara perwakilan atau warga menginginkan pemilihan secara langsung, bebas dan demokrasi. Nyatanya respon warga, sangat antusias untuk memilih ketu RW secara langsung,” ungkap Nasruloh.

Akhirnya diputuskan bahwa pemilihan ketua RW 010 Poncol yang dilakukan secara langsung . Dalam pemilihan tersebut ada tiga calon ketua RW dari masing-masing RT di wilayah RW 010, nomor 1 (satu) Hamid Bosir, nomor 2 (dua) Marhali Gobal, dan nomor 3 (tiga) Muhammad Nur.

Hasilnya, calon nomor 1 (satu) Hamid Bosir yang memperoleh 141 suara pemilih dari masing-masing kepala keluarga, disusul oleh nomor 3 (tiga) Muhammad Nur mendapat 83 suara, dan nomor 2 (dua) Marhali Gobal mendapat 74 suara. Sehingga nomor 1 (satu) Hamid Bosir dinyatakan sebagai pemenang pemilihan Ketua RW 010, Poncol, Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Tangsel. (hnf)