Beranda TOP TANGSEL PEMKOT TANGSEL

Walikota Tangsel Terima Penghargaan Anugerah Kebudayaan Dari PWI Pusat

170
Foto : Walikota Tangsel bersama sejumlah peserta carnival

TANGERANG SELATAN, Suaratangsel.com – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Hj. Airin Rachmi Diany mendapat penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat sebagai pemimpin yang konsisten dan komitmen dalam melestarikan kebudayaan lokal.

Selama kepemimpinannya, Airin Rachmi Diany memang dikenal sebagai tokoh yang sangat peduli dengan seni dan kebudayaan lokal. Bahkan dirinya membuat Peraturan Walikota (Perwal) untuk melestarikan kebudayaan dengan harapan agar generasi muda bisa lebih menjaga dan melestarikan seni dan budaya yang nantinya bisa mempengaruhi secara positif.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Drs. Taryono, M.Si., mengatakan Walikota Tangsel Hj. Airin Rachmi Diany sangat peduli dalam melestarikan kebudayaan lokal sebagai cirikhas Kota Tangsel yang kaya akan seni dan budaya dengan Motto Cmore (Cerdas, Modern dan Religius).

Dengan diadakannya pembinaan yang berkarakter kepada generasi muda, sangat memungkinkan untuk menambah wawasan dan menanamkan cinta terhadap budaya sejak dini, selain pendidikan akademis generasi masa depan harus belajar seni budaya lokal sebagai generasi yang bisa menjaga, memelihara dan melestarikan.

“Seperti kebudayaan yang selalu diadakan setiap tahunnya adalah seni Lenong Betawi, tak segan-segan Walikota Tangsel ikut terlibat dalam peran acting yang dimainkan secara berkelompok dalam mengadu kemampuan dan berkomunikasi, adu pantun yang bisa membuat penonton terhibur dan bisa merasakan alur dari cerita yang sangat meleganda,” jelas Taryono.

Upaya peningkatan kesadaran berbudaya antara lain: Dengan sosialisasi dan publikasi konten terkait budaya melalui media cetak, media online dan media sosial.

Kegiatan-kegiatan tersebut adalah: Festival Lenong Betawi, Semarak Festival Marawis, Pagelaran Wayang Golek, Student Carnival dengan menggunakan kostum adat nusantara, Pelestarian Benda Cagar Budaya dan penyusunan buku situs budaya.

Wartawan: Muhamad Deni

Editor: Iskandar P Hadi