Home / BUDAYA / Ustad Syarif Hidayat: Memelihara ukhuwah adalah fitrah agama
Ustad Syatif Hidayat, SAg.

Ustad Syarif Hidayat: Memelihara ukhuwah adalah fitrah agama

Ciputat Timur, SUARA TANGSEL – “Memelihara ukhuwah adalah fitrah agama,” demikian thema khutbah Idul Fitri – 1 Syawal 1439 H bertepatan dengan 15/6/2018, oleh Ustad Syarif Hidayat, SAg., di Masjid Al – Jihad, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

Intinya adalah mengajak seluruh umat muslim bukan hanya menjaga dan mempererat tali ukhuwah  islamiyyah dan nasabiyah melainkan juga agar menjaga ukhuwah insaniyah dan Wathoniyah, paparnya.

Ukhuwah islamiyah yakni merasa dan mengakui bahwa sesama muslim diseluruh belahan dunia adalah bersaudara.

Tahapannya adalah, seluruh umat muslim diharapkan untuk memahami ta’wun, yakni saling tolong menolong sesama umat karena Allah SWT.

Tahapan selanjutnya yaitu ta’fahum, yakni saling memahami bahwa tidak ada satu manusia pun di dunia ini yang bisa lolos dari kekurangan dan kesalahan.

Selanjutnya yaitu ta’aruf, yakni rasa ingin mengenal orang lain dengan maksud memperbanyak persaudaraan.

Takaful : yaitu bersatu dalam suka dan duka bersama sama dlm menyelesaikan permasalahan dgn rasa kasih sayang, Menghargai pendapat yg berbeda-beda.

Selanjutnya dalam khutbahnya, Ustad Syarif Hidayat menjelaskan bahwa ukhuwah nasabiyah, diterangkan sebagai hubungan nasab/kerabat, juga disebut sebagai hubungan darah. Dalam keluarga harus selalu berusaha mencapai sakinah mawadah warahmah.

Sementara itu ukhuwah insaniyah dijelaskan sebagai  merasa dan mengakui bahwa umat manusia di dunia ini adalah saudara kita. Dijelaskan bahwa seluruh umat manusia di dunia ini adalah sementara, tidak ada yang abadi.

Dalam akhir khutbahnya dijelaskan bahwa ukhuwah wathoniyah dikatakan sebagai saling menjaga kerukunan antar umat beragama dan membudayakan rasa saling membutuhkan, menghormati, dan menghargai perbedaan terutama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita harus menjaga dan mengamankan, menjunjung tinggi harkat dan martabat Bangsa dari siapapun yang ingin merendahkan Bangsa Indonesia. (Nurhayati)

Check Also

KKI Gelar Buka Puasa Bersama Relawan

Pondok Aren, SUARA TANGSEL – Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI) menggelar buka puasa bersama relawan dan ...

suaratangsel.com