Beranda PELAYANAN DISHUBKOMINFO

Urai Kemacetan, Dishub Kota Tangsel Lakukan Uji Coba Pengaktifan Apil Simpang Ciater

284
Apil Simpang Ciater

Ciater, SUARA TANGSEL – Kondisi lalu lintas di Kota Tangerang Selatan kini semakin padat. Kemacetan pun terjadi di mana-mana. Salah satunya di Simpang Ciater, yaitu di Jalan Soetopo menuju Ciater dan puter baliknya.

Untuk mengurainya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Senin (27/2) sore melalukan uji coba pengaktifan Apil  (alat pemberi isyarat lalu lintas) Simpang Ciater.

Pengaktifan Apil ini dilakukan dalam dua fase, yaitu fase 1, dari Jalan Letnan Soetopo menuju Ciater dan puter balik, dengan durasi Hijau 30 detik, Kuning 2 detik, All red 2 detik.

Fase 2, dari Ciater  mau lurus dan ke Jalan Letnan Soetopo, dengan durasi Hijau 45 detik, Kuning 2 detik, All red 4 detik, dengan waktu siklus total 85 detik.

Fase Uji Coba Apil Simpang Ciater
Gambar: Fase Uji Coba Pengaktifran Apil Simpang Ciater

Menurut keterangan Kasie Lalin Dishub Kota Tangsel, H Ika SE pengaktifan Apil ini akan dilakukan selama satu minggu ke depan, dimulai pada pukul 16.00 Wib, Senin (27/2).

“Pengaktifan Apil Simpang Ciater ini baru dimulai pada sore hari ini, pada pukul 16.00 Wib. Rencananya akan dilanjutkan, apabila dapat mengurai kecamaten yang biasa terjadi pada jam-jam sibuk, saat pagi dan sore hari,” kata H Ika, di lokasi pengaktifa Apil, Senin (27/2) sore.

Selanjutnya, Kepada Dishub Kota Tangsel, Sukanta kepada suaratangsel.com menyampaikan bahwa rekayasa lalin dengan cara pengaktifan Apil di Simpang Ciater diharapkan mampu mengurai kemacen yang selama ini terjadi di Simpangan ini.

“Karena itu, diharapkan kepada pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang dipasang di Simpangan Ciater ini. Kuncinya hanya satu, patuhi aturan lalu lintas, jangan menerobos traffic light,” ujar Sukanta.

Sementara itu, dari pantauan suaratangsel.com di lokasi pengaktifan Apil Simpang Ciater, masih tampak pengendara motor maupun mobil yang lewat begitu saja, tanpa memerhatikan Apil  yang mulai diaktifkan hari Senin  sore.  Hal ini dikarenakan belum banyak dari pengendara yang belum tahu, dan rambu-rambu yang menunjang pengatifikan Apil belum juga terpasang secara keseluruhan. (once/h3n)