Beranda BUDAYA UNIK

Unik, Lelang Plat Mobil John F Kennedy Terjual Rp 1,3 Miliar

164

Unik, SUARA TANGSEL — Presiden Amerika Serikat yang ke-35, John F. Kennedy atau yang akrab disapa JFK, tewas ditembak saat dirinya tengah berada di dalam sebuah mobil Limosin. Pasca penembakan, mobil yang ditumpanginya diperbaiki sementara plat nomornya dibuang begitu saja.

Plat itu kemudian diambil oleh pemilik bengkel dan diberikan kepada putrinya, Jane Walker. Setelah menyimpan plat tersebut selama bertahun-tahun, Jane akhirnya memutuskan untuk menjualnya.

“Anakku selalu menginginkan agar aku menyimpannya di kotak deposito,” tutur Jane dikutip dari Usatoday.com. “Aku menyadari jika ada orang yang datang dan melihatnya, mereka tidak akan tahu apa itu sebenarnya.”

Selain keluarga dan teman dekat, tak ada orang yang tahu tentang keberadaan plat tersebut. Plat “GG-300” yang berwarna kuning itu pun masih dalam kondisi bagus meski usianya sudah lebih dari setengah abad.

Plat ini akhirnya dilelang melalui sebuah pelelangan di Dallas. Awalnya plat ini ditargetkan laku dengan harga 40 ribu USD atau sekitar Rp 546 juta.

Namun, saat dilakukan pelelangan, ternyata plat ini justru laku hingga 100 ribu USD atau sekitar Rp 1,3 miliar. Sebelumnya, pelelangan ini juga telah berhasil melelang menu makan malam terakhir Titanic seharga 118.750 USD atau sekitar Rp 1,6 miliar.(*red/indonet)