Beranda BISNIS

Tunas Farm, Startup Agritech Indoor Vertical Farming Mendapatkan Pre-Seed Funding

1260

Pandemi Covid-19 adalah hal yang memberikan beragam efek untuk semua orang dan semua bidang. Namun ada yang melihat hal tersebut sebagai potensi.

Salah satunya Tunas Farm, startup agritech baru di bidang Indoor Vertical Farming yang baru saja mengamankan pre-seed funding mereka dari Gayo Capital, di mana pendanaan tersebut nantinya akan dialokasikan untuk peningkatan sistem hidroponik yang canggih dengan teknologi IOT (Internet of Things).

Latar belakang Gayo Capital tertarik untuk investasi ke Tunas Farm adalah mereka mempunyai visi untuk memajukan petani Indonesia untuk beralih ke cara bercocok tanam yang lebih modern, yaitu menggunakan system Hidroponik dan juga menggunakan teknologi IOT (Internet of Things).

Oleh karena itu, Tunas Farm dilihat dapat memanifestasikan visi tersebut. Resmi berdiri di pertengahan tahun 2020, dengan membuat fasilitas Indoor Vertical di daerah Tangerang. Namun, kedepannya Tunas Farm mempunyai rencana untuk ekspansi ke daerah-daerah lain.

Daerah di Kawasan Gading Serpong dipilih sebagai area untuk membangun ruang produksi tanaman indoor farming. Menurut Surya, CEO sekaligus Founder dari Tunas Farm menuturkan, kawasan tersebut dipilih karena banyaknya area perumahan serta cluster menjadikan Gading Serpong sangat potensial untuk mengembangkan konsep local grow dengan mendekatkan diri kepada masyarakat sekitar serta komunitas di area Tangerang. Fasilitas yang dibangun, dibuat dengan standar GAP (Good Agriculture Process) serta menggunakan teknologi Controlled Environment, menghasilkan tanaman (sayuran) yang tidak perlu diragukan kualitasnya.

Surya lebih lanjut mengatakan, tunas Farm menawarkan konsep Farm to Table, yaitu konsep yang memungkinkan konsumen dapat langsung menikmati sayuran yang baru saja dipetik.

Jadi untuk para pecinta sayuran tidak perlu menunggu lama atau pergi keluar untuk mendapatkan sayuran yang bermutu. Tunas Farm menawarkan sayuran segar, higienis, dan tanpa pestida. Sayuran yang ditawarkan pun telah melalui tahap kebersihan dan kehigienisan serta kesehatan yang sudah sesuai dengan standar mulai dari penanaman, perawatan, panen hingga pengemasan.

Untuk menjamin kesegaran dan kebersihan sayuran sampai kepada konsumen, Tunas Farm menerapkan sistem “Sameday Delivery” yang langsung diantar oleh tim Tunas Farm sendiri.

Saat ini Surya beserta tim dari Tunas Farm sedang menyelesaikan persiapan fasilitas di Gading Serpong sebagai tempat produksi sekaligus display Indoor Vertical Farming yang akan selesai dalam waktu dekat.

Tidak hanya berencana membangun fasilitas Indoor Vertical Farming di area lain, Surya mengatakan kedepannya akan memberikan informasi dan pelatihan langsung tentang bagaimana cara bertani di rumah sendiri menggunakan sistem Hidroponik.

Surya juga membocorkan, bahwa kedepannya Tunas Farm akan mengeluarkan hidroponik kit dengan system IOT (Internet of Things) yang bisa digunakan dan dimiliki oleh masyarakat untuk bertani Hidroponik di rumah sendiri dengan mudah.

Muhamad Deni