Beranda TOPIK UTAMA

Tumpukan Sampah di Lintas Jalan Alternatif Poncol KP Sawah Ulah Oknum Tak Bertanggungjawab

60
0
sampah yang sedang dibersihkan akibat pembuangan liar oleh pengguna jalan

Poncol, Ciputat , SUARA TANGSEL – Tumpukan sampah di linstas jalan alternatif Poncol, KP Sawah Lama mulai dibersihkan warga bersama DKP setempat. Tumpukan sampah ini akibat  ulah oknum warga yang sering menggunakan jalan alternatif untuk melintas ke tempat mereka beraktifitas.

Umumnya, mereka yang melintasi jalan ini adalah para pekerja di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang ingin mempersingkat waktu menuju tempat kerja mereka. Para pekerja yang lewat di tempat ini lah yang sering kepergok membuang sampah di jalan alternatif ini.

Para pemuda setempat di daerah ini sering melakukan tangkap tangan dan sudah bosan melihat ulah oknum warga yang membuang sampah secara liar ini. Bahkan ada diantara mereka yang ditahan KTP- nya, dan ada yang sampai sekarang  tidak berani mengambil KTP yang ditahan tersebut di Rt dan Rw setempat, kata seorang pemuda yang kesal melihat perilaku tak terpuji dari oknum warga tersebut.

Mereka yang membuang sampah di daerah ini kerap kucing kucingan dengan para pemuda yang peduli dengan lingkungan mereka. Bahkan, ada di antara mereka yang rela begadang untuk mencegah perbuatan tak bertanggungjawab dari si pelaku pembuang sampah liar di kampung mereka ini, “ada diantara mereka yang kami hukum dengan cara push up sampe disuruh membawa kembali sampah yang mereka buang, ada juga yang KTP-nya kami tahan”,  ujar Adi, pemuda KP Poncol yang aktif membakar tumpukan sampah di tempat pembuangan liar.

Ia juga gregetan dengan ulah para pelaku pembuang sampah liar ini, pemuda KP Poncol lainnya, Mamat juga merasa kesal, ia terlihat marah- marah saat membakar tumpukan sampah di kampung mereka ini, “kalau saya melihat lansung, ingin rasanya menghukum mereka agar jera, entah hukuman apa yang pantas dan membuat mereka jera, tidak lagi membuang sampah di sini”, kata Mamat. yang sedang kesal.

Para pemuda pecinta lingkungan di daerah KP Poncol ini juga berharap agar tidak hanya beberapa orang pemuda atau segelintir warga saja yang tergerak hatinya untuk melakukan gerakan hidup sehat, ” saya berharap semua warga poncol atau siapapun yang melihat para pelaku pembuang sampah liar di sini, tangkap saja mereka, sekarangkan ada UU- nya, antar saja langsung ke rumah Pak Rt atau Pak Rw,setempat”. kata Adi.

Adi, Mamat, dan juga kawan-kawannya lainnya, mereka menghimbau kepada para pengguna jalan yang kerap melintas di darah ini agar tidak membuang sampah di pinggir jalan KP Poncol, guna menjaga kesehatan dan kenyamanan bagi  para pelintas lainnya. (Hendra Jaya Raja 4)