Home / KESEHATAN / Tingkatkan Layanan TB MDR, Dinskes Provinsi Banten Serahkan Genexpert Bantuan Kemenkes RI kepada RSU Kota Tangsel
rsu-kota-tangsel-genexpert

Tingkatkan Layanan TB MDR, Dinskes Provinsi Banten Serahkan Genexpert Bantuan Kemenkes RI kepada RSU Kota Tangsel

Pamulang, SUARA TANGSEL –  Indonesia adalah negara yang berada dalam peringkat ke 8 dari 27 negara dengan beban  Tuberculosis Multiple Drug Resistant (TB MDR) terbanyak di dunia.

Diperkirakan pasien TB MDR di Indonesia, yaitu 1,9% dari kasus baru dan 12 % dari kasus pengobatan ulang. Dan, berdasarkan WHO global report tahun 2013, diperkirakan kasus TB MDR sebanyak 5.900 kasus berasal dari TB Paru baru dan 1.000 kasus dari TB Paru pengobatan ulang.

Sementara itu, dari hasil Drug Resistency Survey (DRS) di Jawa Tengah, yang dilaksankan pada tahun 2006, menunjukkan bahwa 1,8% TB MDR adalah kasus baru, dan 17,1%  merupakan TB yang pernah mendapatkan pengobatan. Sedangkan DRDS di Jawa Timur pada tahun 2009, menunjukkan bahwa 2% adalah kasus baru dan 9,7% merupakan kasus TB yang pernah mendapatkan pengobatan.

Hal lain yang juga mempengaruhi meningkatnya kasus TB di Indonesia, terutama kasus TB yang pernah mendapat pengobatan adalah, disebakan karena pengobatan yang tidak standar terhadap pasien “yang diduga” TB Resistan Obat atau TB MDR yang dilakukan di rumah sakit, B/BKPM, klinik swasta, praktisi swasta, dan fasyankes lainnya.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan telah menandatangani kerjasama dan melakukan serah terima Genexpert untuk digunakan dalam pelayanan kesehatan TB MDR di RSU Kota Tangsel.

Dinkes Provinsi Banten diwakili langsung oleh Kepala Dinas Ir H Moh Yanuar, MP, dan RSU Kota Tangsel juga diwakili langsung Direktur RSU drg H Maya Mardiana, MARS, Jumat (23/12).

Alat genexpert ini merupakan bantuan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang disampaikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Banten yang diserahkan ke RSU Kota Tangsel untuk bisa digunakan dalam mendeteksi kasus TB dan resistensi rifampisin di wilayah Tangerang Selatan.

Dengan alat ini diharapkan pelayanan atau penangan kasus TB di Kota Tangsel, khususnya di RSU Kota Tangsel dapat ditangani dengan baik sesuai standar pengobatan pasien TB.

Berdasarkan data Laporan Progaram TB Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan Tahun 2016,  dan Laporan Progaram TB DOTS kasus yang pernah diobati di RSU Kota Tangerang Selatan Tahun 2015 sampai dengan November 2016 tampak ada peningkatan yang cukup signifikan terutama pada pasien TB anak.

Dari Laporan Program TB DOTS tahun 2015 hingga November 2016 tersebut, pasien suspek TB pada tahun 2015 terdapat 884 orang,  di tahun 2016 hingga November meningkat menjadi 968 orang. Pasien TB (+) pada tahun 2015 terdapat 626 orang, di tahun 2016 hingga November meningkat menjadi 792. Pasien TB yang diobati di RSU Kota Tangel pada tahun 2015 terdapat 262 orang, ditahun 2016 hingga November meningkat menjadi 304 orang.  Pasien TB yang pindah ke Unit Pelayanan Kesehata (UPK) yang lain adalah, tahun 2015 ada 364 orang, dan pada tahun 2016 hingga November meningkat menjadi 488 orang.

Karenanya, kata Direktur RSU Kota Tangsel drg Hj. Maya Mardianti, MARS dengan diserahkannya bantuan Genexpert dari Kementerian Kesehatan RI itu ke RSU, maka diharapkan pelayanan TB MDR di RSU kota Tangsel semakin baik sesuai standar pengobatan pasien TB.

Alhamdulillah, dengan diserahkannya bantuan Genexpert dari Kemterian Kesehatan RI yang diserahkan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Banten kepada RSU Kota Tangerang Selatan, diharapkan ke depan, pelayanan pasien TB MDR di RSU Kota Tangsel semakin baik sesuai standar pengobaan pasien TB,” ujar drg Maya.

(Ibnu)   

Maya Mardianti dan Moh Yunuar
Foto: Kepala Dinas Ir H Moh Yanuar, MP dan Direktur RSU Kota Tangsel drg H Maya Mardiana, MARS, dalam acara serah terima Genexpert, pada Jumat (23/12).

 

Check Also

Walikota, Wakil Walikota, dan Sekda Bayar Pajak PBB di Pekan ASN Tangsel

Serpong, SUARA TANGSEL – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Tangsel Benyamin ...

suaratangsel.com