Beranda SUARA BANTEN KOTA TANGSEL

Tim Penyelamatan Permukaan Air Srikandi DMC Cetak Perempuan Tangguh

636

Tangerang Selatan, SUARA TANGSEL – DMC Dompet Dhuafa tengah membentuk tim penyelamatan kebencanaan yang terdiri dari relawan-relawan perempuan (4/5/2021). Belum lama ini, tepatnya Sabtu lalu (1/5/2021), mereka menunjukan keahliannya mendayung perahu dalam menyusuri sungai Ciliwung yang berdekatan dengan Padepokan Ciliwung, Condet, Jakarta Timur.

“Paling sulit memang ketika melawan arus. Tapi alhamdulillah lewat kerja sama dan latihan yang tekun, insyallah bisa dilalui,” ungkap Tyas Azzahra ketika dihubungi melalui pesan singkat (4/5/2021).

Tim Penyelamatan Permukaan Air (Water Rescue Team) DMC Dompet Dhuafa ini terdiri dari lima sekawan relawan perempuan yang bernama, Janet Berliana Sambeka, Tyas Azzahra, Siti Nurshalsa Putri Tohirin, Hartati Oktariana, Yuni Lestari, dan Iriza Eraswati.

“Kita masih dalam tahap pembentukan. Saat ini kami hanya mempunyai enam relawan yang tergabung dalam tim penyelematan ini. Mereka merupakan tim srikandi-nya gitu”, jelas Ade Indra Saputra selaku Koordinator Tim Penyelamatan Air DMC Dompet Dhuafa melalui pesan singkat (4/5/2021).

Dalam tahap awal, rencananya akan ada penambahan personil. Sehingga total tim srikandi ini menjadi 10 personil. Lima personil akan menjadi tim inti, kelima personil yang lain akan menjadi tim cadangan. Tatkala satu personil sedang sibuk, ia bisa digantikan orang personil cadangan yang lain.

Saat ini DMC Dompet Dhuafa sedang mengatur pelatihan dan perekrutan kembali. Mengingat saat ini bulan Ramadhan dan pandemi Covid-19, sehingga proses pelatihan menjadi terkendala.

“Insyallah pasca lebaran akan diatur kembali jadwalnya”,ujar Shofa Qudus selaku GM Respons and Recovery DMC Dompet Dhuafa saat ditemui di markas DMC Dompet Dhuafa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Janet dan kawan-kawan saat ditemui Sabtu lalu (1/5/2021), terlihat sedang berlatih menyesuaikan ritme dayung untuk kegiatan aksi bersih-bersih sungai dalam program Dompet Dhuafa yang bernama “Sahabat Berbagi Harapan”.

Dalam program ini, tim juga ditemani oleh Novia Bachmid, Aliah Sayuti, Wilda Arginisa dan beberapa donatur Dompet Dhuafa untuk bersama-sama membersihkan sungai dari tebaran sampah.

“Ayo dayung lebih kuat lagi,” pungkas Siti anggota lainnya.

TENTANG DMC DOMPET DHUAFA
Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa adalah Lembaga Semi Otonom Dompet Dhuafa yang berperan sebagai garda terdepan dalam pengelolaan bencana, baik di dalam maupun luar negeri. DMC Dompet Dhuafa secara resmi berdiri pada tanggal 25 Maret 2010, DMC hadir dengan tugas pokok pengelolaan kebencanaan pada masa sebelum terjadi bencana (pra bencana) melalui kampanye Pengurangan Resiko Bencana (PRB) dan membangun unit yang tangguh untuk menangani bencana, saat terjadi bencana (tanggap darurat) dengan respon bencana dan setelah terjadi bencana (pasca bencana) dengan pemulihan.

Muhamad Deni