Home / KESEHATAN / Tangsel “Smart City”: Upaya RSU Kota Tangsel Terus Berikan Inovasi Layanan Unggulan
Gedung RSU Kota Tangerang Selatan

Tangsel “Smart City”: Upaya RSU Kota Tangsel Terus Berikan Inovasi Layanan Unggulan

Pamulang, SUARA TANGSEL – Salah satu keluhan dari pengguna jasa Rumah Sakit (RS) adalah antrian saat pendaftaran.  Hal ini disebabkan karena kebutuhan akan layanan melebihi kapasitas atau kemapuan fasilitas layanan yang dimiliki rumah sakit.

Akibatnya, pengguna jasa rumah sakit yang datang tidak segera mendapatkan pelayanan. Inilah salah satu factor kenapa antrian pelanggan dibeberapa pusat layanan rumah sakit harus antri dan menunggu lama untuk mendapatkan layanan.

Berlandaskan pada fakta inilah, maka RSU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencoba memunculkan inovasi layanan dalam bentuk, SMS gateway, yaitu sebuah system aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima SMS baik oleh pengguna jasa atau pihak rumah sakit sendiri.

SMS gateway merupakan sebuah apliksi layanan yang biasa digunakan dalam dunia bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk / jasa dan lain-lain.

Sementara untuk RSU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) SMS gateway ini digunakan untuk mempermudah proses pendaftaran para pengguna jasa (pasien) rumah sakit yang datang untuk mendapat layanan tidak berlama-lama ikut dalam antrian, dan mempersingkat waktu tunggu pasien di poliklinik, karena pasien sudah mendapatkan waktu berobat sebelumnya yang dikirimkan melalui SMS satu hari sebelum pelayanan.

Dan, untuk mendapatkan layanan dari RSU Kota Tangerang Selatan sebagaimana digambarkan di atas, pasien cukup dengan mengirimkan SMS dengan format: REG#NamaPasien#NomorRekamMedik #TanggalLahir #Poliyangdituju #JenisPembayaran.

Patut untuk diketahui, sejak SMS gateway ini diluncurkan, mulaiAgustus 2015 – Oktober 2016 pelayanan melalui SMS gateway ini terus meningkat.

sms-gateway

Selanjutnya, pelayanan lain yang merupakan inovasi layanan dari RSU Kota Tangsel adalah, pelayanan sistem SPGDT (Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu).

spgdt

Penanganan gawat darurat ini dilakukan melalui Public Safety Center (PSC) yang merupakan bagian jejaring dari National Command Center (NCC) yang akan memberikan pelayanan selama 24 jam untuk memudahkan kasus layanan gawat darurat dan mempercepat respon cepat penanganan korban. Dimana keduanya merupakan bagian dari SPGDT yang dikeluarkan guna menggurangi tingkat kematian dan kecacatan yang tinggi di Indonesia, akibat kasus darurat.

rujukan-spgdt

Kemudian, inovasi layanan lain adalah pelayanan program system informasi dan fasilitas kesehatan (SIFaK) RSU Kota Tangserang Selatan yang bisa dilakukan dengan applikasi  android dengan beberapa fitur diantaranya:

sifak-spgdt

  • Call UGD untuk memanggil UGD secara cepat,
  • Call Ambulance untuk Gawat darurat
  • Pendafaran berobat di hari lain,
  • Lab Home Service untuk mempermudah pasien melakukan cek lab dari rumah,
  • Informasi Ketersediaan Rawat Inap.
  • Aplikasi android RSU Kota Tangerang Selatan tersebut dapat mempermudah pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan RSU Kota Tangerang Selatan secara cepat, efektif dan efisien melalui smartphone yang dapat di akses kapan saja dan dimana saja.

download-aplikasi-sifak

Terakhir, dapat disimpulkan bahwa, semua layanan inovatif yang dilakukan RSU Kota Tangsel sesungguhnya merupakan bentuk layanan yang inovatif yang dilakukan ataas dasar ikhtiar RSU Kota Tangsel untuk memerbaiki dan terus meningkatkan layanan yang prima.

Dan, dalam rangka HUT ke 8 Kota Tangerang Selatan yang jatuh pada 26 November 2016, Seluruh Pimpinan Staf dan Karyawan RSU KotaTangsel mengucapkan “Dirgahayu Kota Tangerang Selatan, Sewindu Semakin Maju.”(Advetorial)

Check Also

Kemenkes: BBM oktan rendah berbahaya bagi kesehatan

Bagikan melalui WhatsAppJakarta, SUARA TANGSEL – Direktur Jenderal Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan dr. Imran Agus ...

suaratangsel.com