Home / TOPIK UTAMA / NASIONAL / Tangsel Jadi Tuan Rumah Rakornas Staf Ahli se-Indonesia
Ketua dan Wakil Ketua Panitia Rakornas, Suharno (kanan) dan Zulfuad (kiri)

Tangsel Jadi Tuan Rumah Rakornas Staf Ahli se-Indonesia

Ciputat, SUARA TANGSEL – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar penyelenggaraan event berskala nasional yaitu Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Staf Ahli Walikota dan Bupati seluruh Indonesia, yang bertempat di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan.

Ketua Pelaksana Rakornas yang sekaligus sebagai staf ahli Kemasyarakatan dan SDM Setda Kota Tangsel, Suharno, menjelaskan, perhelatan akbar tersebut merupakan pelaksanaan untuk ketiga kalinya, pertama bertempat di Palembang, kedua di Jambi dan tahun ini Tangsel menjadi tuan rumah yang akan berlangsung pada 9 hingga 12 Juli 2018.

“Tangsel menjadi tuan rumah atas kesepakatan rakornas sebelumnya yang berlangsung di Jambi. Untuk rakornas ketiga ini akan ada pengukuhan pengurus forum staf ahli seluruh Indonesia,” jelasnya.

Rakornas yang akan berlangsung selama empat hari tersebut, akan dihadiri oleh 1500 orang perwakilan dari 514 Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia dan 34 Provinsi, lanjunya.

Untuk tahun ini, tema yang diusung dalam rakornas staf ahli se-Indonesia yakni Penguatan Kelembagaan Staf Ahli Dalam Melaksanakan Kegiatan. “Tema ini diambil agar peran staf ahli benar-benar sesuai fungsinya dalam membantu tugas-tugas Kepala Daerah, dan menuju daerah menjadi smart city,” ujarnya.

Kegiatan ini, rencananya akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo dan dihadiri oleh Menpan RB serta para pejabat kementerian, Kepala Puspiptek, Walikota Tangsel dan lainnya.

Wakil Ketua kegiatan T Zulfuad, menjelaskan, untuk mensukseskan acara ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan nara sumber dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tangsel untuk tempat penginapan.

“Sejauh ini, kabupaten kota yang ikut langsung berkomunikasi dengan pihak PHRI untuk penginapannya, mereka memilih yang dekat dari tempat acara,”ungkapnya.

Pelaksanaannya akan diawali dengan pelaksanaan Gala Dinner yang akan berlangsung pukul 19.00 Wib di Plaza Rakyat Puspemkot Tangsel, di Ciputat.

Untuk hari kedua, pembukaan akan dihadiri Menteri Dalam Negeri dan nara sumber dari KPK, Menpan RB, Kepala Puspiptek dan Walikota Tangsel, dan hari ketiga ada acara khusus yakni pengukuhan pengurus forum staf ahli se-Indonesia, dan ada motivator Nanang Qosim Yusuf.

“Di hari erakhir di kawasan Puspitek akan ada city tour, tujuannya  untuk meningkakan daya saing daerah, Puspiptek akan mengenalkan produk unggulan mereka kepada para peserta, dan akan ada 50 stand yang diisi oleh UKM Tangsel,” singkatnya, sambil berharap, kegiatan pelaksanaan pertemuan Rakoras ini berjalan lancar dan sukses. (Iskandar P Hadi)

Check Also

Relawan JoSmart Banten Peduli Pendidikan

Bagikan melalui WhatsAppSerpong, SUARA TANGSEL – Usia boleh muda tapi JoSmart (Jokowi Smart) begitu peduli ...

suaratangsel.com