Home / SUARA WARGA / Tak Terurus, Sampah di Taman Kota I BSD Mulai Menumpuk
Kura2 Beol Sampah

Tak Terurus, Sampah di Taman Kota I BSD Mulai Menumpuk

Serpong, SUARA TANGSEL – Idealnya taman kota atau hutan kota adalah tempat yang sejuk penuh pepohonan yang rindang jauh dari kebisingan dan bauh sampah yang menumpuk dan mulai membusuk.

Harapan itu di atas untuk sementara waktu tidak bisa dirasakan di Taman Kota I BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) dalam beberapa hari belakangan ini, khususnya tumpukan sampah di tempat sampah yang tidak terurus, yang menimbulkan bau busuk .

Tempat sampah berbentuk kura-kura yang berjumlah puluhan itu baru saja beberapa bulan lalu di tempatkan di tiap sudut Taman Kota I BSD. Kini keberadaan tempat-tempat sampah itu sudah sudah mulai rusak karena tidak terawat.

Menurut salah seorang pedagang di Taman Kota I BSD, yang namanya tidak mau disebutkan, bahwa sesungguhnya para pedagang yang berjualan di Taman Kota I BSD sudah berusaha membersihkan sampah-sampah itu, tapi hanya di lokasi tempat mereka berdagang, sedangkan yang berada di areal lainnya sesungguhnya menjadi tanggung jawab pihak pengelola taman kota atau hutan kota ini.

“Kami sudah berusaha membersihkan sampah di lingkungan tempat kami berdagang tapi hanya lingkungan kami saja, kan untuk tiap sudut taman kota bukan bagian dari tanggung jawab kami ada Dinas terkait yang seharusnya mengurusi bagian lain di taman kota, apa lagi hampir tiap sudut tempat sampah full terisi dan tidak diangkut sampahnya,” kata pedagang itu, Jumat (10/11).

Sependapat dengan pengunjung Taman Kota I BSD, Bali (23) yang saat itu sedang memasukan sampah di tempat sampah yang tidak jauh dari tempatnya duduk mengatakan, “Wah kalau mau buang sampah jadi bingung,  kan saya mau santai makanya bawa makanan ringan dan minuman kaleng,  mau saya buang ke tempat sampah tapi bawahnya sudah bolong, jadinya sampah itu berantakan kemana-mana,” terangnya, Jumat (10/2).

Jika kondisinya sudah sedemikian parah, maka Taman Kota I BSD akan dipenuhi tumpukan sampah yang tidak enak dipandang mata, dan tentunya akan menimbulkan bau tidak sedap.

Perlu diketahui meski di beberapa sudut taman kota ada papan himbauan kepada para pengunjung taman kota untuk menjaga kebersihan , tapi kalau sampahnya tidak terurus, maka himbauan itu hanya jadi tidak efektif.

Padahal  Taman Kota I BSD, saat ini juga sudah dilengkapi Wifi gratis dan CCTV di pintu masuk dan dua di sudut kanan dan kiri taman kota. Dan, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung destinasi wisata alam hutan kota ini pemerintah kota telah menempatkan 4-5 orang petugas Satpol PP yang secara bergiliran berjaga-jaga di taman kota. (Hen/YCR)

Check Also

Zjawara Indonesia

Warga Tangerang Raya dari Berbagai Profesi Deklarasikan Zjawara Indonesia

Serpong Utara, SUARA TANGSEL –  Warga se-Tangerang raya (Kota Tangsel, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang) ...

suaratangsel.com