Home / PELAYANAN / BP2T TANGSEL / SIMPONIE, “Jurus Baru” Perizinan Online di BP2T Kota Tangerang Selatan
Simponie, "One Day Care"

SIMPONIE, “Jurus Baru” Perizinan Online di BP2T Kota Tangerang Selatan

Serpong, SUARA TANGSEL – Tak ada yang menyangkal bahwa Sistem informasi manajemen pelayanan terpadu dan terintegrasi  (Simyandu) yang masuk dalam Top 99 Kompetisi Layanan Publik Indonesia tahun 2014, yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, merupakan bukti nyata inovasi Badan Pelayanan Perizinan Terpada (BP2T) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk melayani masyarakat dalam hal perizinan.

Kini, Badan Pemerintahan yang memiliki tugas dan fungsi untuk memberikan pelayanan perizinan di Kota Tangsel yang dipimpin oleh Drs. Dadang Sofyan, MM ini kembali membuat publik Kota Tangerang Selatan merasa bangga karena pengurusan SIUP TDP yang biasanya dilakukan secara manual dan memakan waktu kurang lebih 14 hari kerja, dengan melalui Simponie yang merupakan salah satu “jurus baru” perizinan online di BP2T Kota Tangsel dipastikan dapat diselesaikan hanya dalam waktu 1 hari, One Day Clear.

Simponie adalah salah satu program pelayanan SIUP TDP secara online dari beberapa pelayanan online yang sudah terlebih dahulu dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangsel seperti e-Musrembang dan e-SPPTPBB. Rencananya, secara bertahap selain SIUP TDP seluruh perizinan lainnya juga akan dilakukan secara online.

Dengan pelayanan online masyarakat Kota Tangsel dituntut untuk beradaptasi dengan dunia maya, sehingga pendaftaran perizinan khususnya SIUP TDP dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa mengenal ruang serta batas waktu.

Selain itu, SIUP TDP yang telah disetujui (approved) pemohonannya oleh BP2T akan diberitahukan kepada pemohon lewat SMS Gateway.

Kemudahan lain yang diperoleh dengan sistem Simponie adalah dari cara pengecekan dokumen, stakeholder yang berkepentingan untuk mengetahui keabsahan SIU TDP cukup menggunakan aplikasi QR Code. Sehingga perbankan, LPSE atau siapa pun dapat mengkonfirmasikan keabsahan SIUP TDP tanpa harus datang ke BP2T, cukup  menggunakan Handphone Pemohon yang telah terinstal  aplikasi QR Code maka langsung dapat diketahui siapa pemilik SIUP TDP sesungguhnya.

Simponie dan “Go Green” dua program yang bersinergi 

Sementara itu, selain kemudahan-kemudahan yang telah dikemukakan di atas, manfaat yang dapat dipetik dari program ini, salah satunya adalah meminimalisir atau menghemat penggunaan kertas (paperless), seperti dimaklumi bahwa lebih kurangnya ada 5000 pemohon SIUP TDP dalam waktu satu tahun, dimana setiap pemohon akan menggunakan kertas sebanyak 20 – 50 lembar, maka dalam satu tahun bisa menghemat 250 ribu lembar kertas, yang berarti pula dengan memanfa’atkan program SIUP TDP secara online melalui Simponie puluhan batang pohon akan terselamatkan. Karena itu, secara tidak langsung program ini telah bersinergi dengan program ‘Go Green” yang telah dicanangkan Pemerintah Kota Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Untuk itu, diharapkan program ini dapat disegera diluncurkan secepatnya. Rencananya, Perluncuran Program SIUP TDP secara online melalui Simponie – BP2T Kota Tangerang Selatan, akan diluncurkan pada hari Jum’at, (10/4/2015) besok. Langsung oleh Walikota Tangerang Selatan Ibu Airin Rachmi Diany, hadir juga Perwakilan Kementerian Perdagangan RI serta tamu undangan lainnya dari anggota  DPRD Kota Tangerang Selatan dan beberapa Kepala SKPD,  para  pengusaha serta tokoh masyarakat.

Peluncuran Simponie atau sistem perizinan online ini akan dilaksankan di Kantor BP2T Kota Tangerang Selatan, di Jl. Raya serpong KM.12 Komplek Gedung BLK Serpong – Tangerang Selatan. [] ris/humas bp2t

 

 

Check Also

stikerisasi-bp2t-kota-tangsel

BP2T Kota Tangsel Terus Gencarkan Stikerisasi Reklame Tanpa Izin

Bagikan melalui WhatsAppSerpong, SUARA TANGSEL – Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ...

suaratangsel.com