Beranda BUDAYA

Samawa Foundation Gelar Aksi Sosial Berbagi Sembako Kepada Warga

733
Yayasan Sosial Samawa Peduli Berbagi (Samawa Foundation) menggelar aksi sosial berbagi sembako bagi warga kurang mampu di Lingkungan RW 05 Kampung Bulak Desa Padurenan, Kecamatan Gunung Sindur, Bogor, Sabtu (11/4/2020). Foto: Istimewa

Bogor, SUARA TANGSEL – Mengatasi dampak kesulitan ekonomi yang terjadi akibat  pandemi wabah Corona (Covid-19) di Indonesia, Yayasan Sosial Samawa Peduli Berbagi (Samawa Foundation) menggelar aksi sosial berbagi sembako bagi warga kurang mampu di Lingkungan RW 05 Kampung Bulak Desa Padurenan, Kecamatan Gunung Sindur, Bogor, Sabtu (11/4/2020).

Aksi sosial berbagi sembako tersebut dilakukan  Sahabat Samawa bersama relawan setempat dengan cara langsung mendatangi rumah warga yang mendapatkan bantuan.

“Kami melakukan aksi berbagi Sembako kepada warga kurang mampu sebagai bentuk kepedulian dalam mengatasi dampak ekonomi akibat terjadinya musibah wabah Covid-19 yang saat ini sedang terjadi di Indonesia,” kata Ketua Panitia Samawa Peduli Berbagi Sembako, Vivi Alpionita.

Dijelaskan Vivi, awalnya Yayasan Samawa berencana akan menggelar Tabligh Akbar sekaligus santunan kepada anak yatim dan dhuafa dalam rangka Peringatan Isra Mi’raj dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H.

Tapi karena situasi kondisinya tidak memungkinkan, sambung Vivi, maka kegiatan diganti dengan pembagian sembako langsung kerumah-rumah warga kurang mampu di 4 RT Kampung Bulak, Desa Padurenan, Kecamatan Gunung Sindur.

“Meskipun tidak seberapa, semoga bantuan yang kami berikan dapat membantu meringankan beban ekonomi warga,” tambahnya.

Menurut Vivi, saat ini warga sangat membutuhkan uluran tangan para dermawan terutama dalam mengatasi kebutuhan ekonomi sehari-hari.

“Kalau penyemprotan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 kan sudah dilakukan oleh pemerintah desa di masing-masing RT. Makanya, kami memilih melakukan aksi sosial pemberian Sembako saja” tuturnya.

Atas pendistribusian sembako tersebut, Kepala Dusun Kampung Bulak Andi Baron memberikan ucapan terimakasihnya atas kepedulian Yayasan Samawa kepada warganya yang kurang mampu.

“Di saat situasi seperti ini kebutuhan Sembako sangat penting, terlebih bagi warga yang memang kurang mampu,”kata Andi Baron.

Andi Baron juga mengapresiasi langkah pengurus Yayasan Samawa yang mau terjun langsung memberikan bantuan dari rumah ke rumah. Dengan begitu menurutnya bantuan yang diberikan akan lebih tepat sasaran.

“Bantuan yang diberikan secara langsung dari rumah ke rumah akan lebih tepat sasaran dan sangat efektif. Kami ucapkan banyak terimakasih atas kiprah Samawa selama ini,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Padurenan, M Yusuf, dalam sambutannya saat melepas relawan Samawa mengatakan pembagian sembako dari rumah ke rumah itu bisa menjadi upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19, dimana warga diminta untuk tetap berada dirumah, selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Pembagian sembako lewat door to door selain memuliakan yang menerima bantuan, sekaligus untuk menghindari kerumunan,” ujarnya.

Dia juga berharap agar Yayasan Samawa dapat terus berbuat sesuatu yang bermanfaat hingga menurun ke anak cucu.

“Semoga Yayasan Samawa selalu ada untuk selamanya. Ditambah lagi saat ini ada pengelolaan rumah yatim, mudah-mudahan jadi semakin berkah buat yayasan ini,” ujarnya.

“Saya juga berdo’a  agar semua ujian yang dialami Samawa bisa dihadapi dengan ikhlas. Dan yayasan ini bisa tetap berkiprah di masyarakat,” pungkas kades.

Wartawan: Deni

Editor: Iskandar P Hadi