Home / KESEHATAN / RSU Tangsel Fasilitasi Tes Kesehatan 29 Peserta Seleksi JPTP Eleson II.B
Tes Kesehatan di RSU Tangsel

RSU Tangsel Fasilitasi Tes Kesehatan 29 Peserta Seleksi JPTP Eleson II.B

Pamulang, SUARA TANGSEL – Tes kesehatan dan MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) ke-29 peserta seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Eselon II.b di lingkungan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tahun 2017, Kamis (6/4) lalu dilaksanakan di di Lantai 5 Aula RSU Kota Tangsel, Jalan Raya Pajajaran No. 101, Pamulang, Tangsel.

Sebagai fasilitator tes kesehatan dan MMPI, tes ini merupakan tes kedua setelah beberapa bulan lalu, RSU Kota Tangsel juga telah memfasilitasi tes kesehatan tiga calon Sekda Kota Tangsel, dan item yang diteskan juga tidak jauh berbeda dari tes kesehatan yang dilakukan kepada 29 peserta seleksi JPTP Eselon II.b, Kamis (6/4) lalu.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medis RSU Kota Tangsel, dr.Imbar Umar Gazali MH.Kes sebagai penanggung jawab kegiatan tes kesehatan dan MMPI, mengatakan 29 peserta seleksi telah menjalani 10 tes khusus. “Ke-29 peserta seleksi JPTP Eselon II.b  ini telah menjalani tes kesehatan dan MMPI, diawali dengan pemeriksaan fisik yaitu mengukur tinggi dan berat badan , dilihat apakah strukturnya seimbang atau tidak dengan berat badan,” kata dr Imbar, Kamis (6/4) siang.

Tes dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama dimulai pada pukul 10.15 – 12.00 WIB,  dan terbagi dalam tiga kelompok A, B dan C. Kelompok A, 10 orang jalani pemiriksaan; Radiologi, Mata, Neuro /Saraf, EKG, Interna, Obgyn. Kelompok B, 10 orang tes MMPI, dan Kelompok C, 9 orang jalani pemeriksaan; Audiometri, Spirometri, Neuro/Saraf.

Tahap kedua, pada pukul 13.00 – 15.00 WIB, juga terbagi dalam tiga kelompok sebagaiman tes tahap pertama, yaitu A, B dan C. Kelompok A; Audiometri, Spirometri. Kelompok B; Radiologi, Mata, Neuro/Saraf, EKG, Interna, Obgyn, dan Kelompok C; MMPI.

Tes untuk peserta laki-laki ada 10 item, dan tes untuk perempuan ada 11 item, ditambah tes laboratorium, berupa Darah rutin, Urinalisis lengkap, SGOT, SGPT, Ureum, Creatinin, Asam Urat, HDL, LDL, Kolesterol Total, Trigliserida, Gula darah puasa, G2PP, HDAC1 dan tes Narkoba, dan untuk perempuan ada pemeriksaan tambahan yaitu USG kandungan.

“Hasil tes kesehatan dari 29 peserta seleksi JPTP Eselon II.b  ini nantinya akan dipresentasikan di dinas terkait,  dan RSU hanya sebatas menilai saja apakah peserta layak atau tidak menjalani kedinasan jadi bukan menentukan, karena proses seleksi masih akan terus dilalui sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku,” pungkas dr Imbar .

Perlu diketahui, bahwa RSU Kota Tangsel juga perna menjadi fasilitator sekaligus pelaksana tes kesehatan calon kepala daerah, wali kota dan wakil wali kota, pada pemilihan umum kepala daerah tahun 2015. Dimana saat itu, ada 3 pasangan calon kepala daerah yang meningikuti tes kesehatan di rumah sakit (RS) kebanggaan masyarakat kota Tangsel ini.

(Adv)

Check Also

Walikota, Wakil Walikota, dan Sekda Bayar Pajak PBB di Pekan ASN Tangsel

Serpong, SUARA TANGSEL – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Tangsel Benyamin ...

suaratangsel.com