Home / KESEHATAN / RSU Kota Tangsel Miliki Dua Dokter Spesialis Bedah Tulang (Orthopedi)

RSU Kota Tangsel Miliki Dua Dokter Spesialis Bedah Tulang (Orthopedi)

pppp
Direktur RSU Kota Tangsel, dr. Hj. Maya Mardianti

Pamulang, SUARA TANGSEL – Sejak dicanangkan pelayanan kesehatan gratis pada bulan September 2013 oleh Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany. RSU  Kota Tangsel telah melayani kurang lebih 1023 pasien yang berobat ke poliklinik orthopedi.

Menurut dr.Hj. Maya Mardianti, Direktur RSU Kota Tangsel, sejak diberlakukannya layanan kesehatan gratis, di RSU ada 88 orang pasien diantaranya telah ditangani RSU, dengan melakukan operasi bedah tulang tanpa biaya, hanya dengan menunjukkan KTP Tangsel dan Rujuk dari Puskesmas.

Perlu diketahui bahwa, pelayanan orthopedi merupakan salah satu pengobatan dengan pengobatan yang menggunakan biaya tinggi. Sehingga dengan adanya pelayanan kesehatan gratis ini diharapkan mampu membantu masyarakat yang memerlukannya.

Selanjutnya, kata dr Maya, RSU untuk melayani layanan operasi bedah tulang (orthopedi) tersebut, RSU  Kota Tangsel telah menyiapkan dua orang dokter spesialis, yang ahli dalam bidangnya. Dan masyarakat tangsel bisa dengan mudah menggunakan pelayanan orthopedi tanpa susah payah membayar mahal ke rumah sakit swasta, sehingga Tujuan RSU dalam melayani warga Tangerang selatan menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera bisa terwujud dengan baik sesuai dengan program pemerintah Kota tangerang selatan yang selama ini sudah berjalan di RSU Kota Tangsel, yang semakin terus diminati masyarakat Kota Tangerang Selatan.

ilustrasi ortopedi rsud tangsel
Ilustrasi : Operasi bedah orthopedi

Penjelasan orthopedi  dalam bahasa sehari hari

Apa itu orthopedi ?

Banyak orang berpikir bahwa orthopedi hanya meliputi patah tulang dan berhubungan dengan operasi. Sebenarnya orthopedi jauh lebih luas dari itu, orthopedi bukan cabang ilmu bedah, melainkan cabang dari ilmu kedokteran.

Orthopedi menangani berbagai kelainan dan perlukaan sistem muskuloskeletal. Lantas sistem muskuloskeletal itu apa? Muskulo = otot, skeletal = tulang, jadi otot dan tulang , Lebih luas dari itu juga, sistem ini meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan alat gerak kita dari leher sampai ujung jari-jari kaki.

Jadi seorang dokter orthopedi terlatih untuk menangani segala macam keluhan alat gerak dari leher sampai ujung jari kaki, mulai dari rasa nyeri, kelemahan, kelumpuhan, kesemutan, luka sampai kaku dari bayi sampai orang lanjut usia.

tree-of-andry
Frontispiece of Nicolas Andry de Bois-Regard, Orthopédie, 1741

Metode penanganan orthopedi pun bukan melulu melalui operasi atau pembedahan. Obat-obatan, alat bantu, gips, perubahan perilaku, semua dapat menjadi modalitas.

Lantas kata orthopedi sendiri artinya apa? Berasal dari kata orthos=lurus dan pais=anak, orthopedi pertama kali dicetuskan oleh Nicolas Andry tahun1741 dalam bukunya Orthopaedia, or the Art of Preventing and Correcting Deformities in Children. Meskipun kata orthopaedi kurang mencakup jangkauan ilmunya, namun ia terus digunakan selama lebih dari dua abad dan sepertinya tidak mungkin untuk diganti.

Apa itu bedah orthopedi?

Bedah orthopedi atau orthopaedi (juga dieja orthopedi) ialah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang cedera akut, kronis, dan trauma serta gangguan lain sistem muskuloskeletal. Dokter bedah orthopedi menghadapi sebagian besar penyakit muskuloskeletal termasuk artistis, trauma dan kongenital menggunakan peralatan bedah dan non-bedah.

Di Indonesia, dokter bedah orthopedi adalah dokter yang telah menyelesaikan pendidikan yang diajukan dalam bedah orthopedi setelah menjadi dokter umum maupun bedah umum. Dokter ini harus menyelesaikan 104 SKS dalam 9 semester pendidikan klinik. Dokter spesialis ini diberi gelar SpOT (spesialis orthopedi dan traumatologi) atau SpBO (spesialis bedah orthopedi)

Dokter bedah orthopedi menghadapi sebagian besar penyakit muskuloskeletal ringan seperti artritis, trauma dan cacat bawaan menggunakan peralatan bedah dan non-bedah. 25 prosedur paling umum yang dilakukan oleh dokter bedah orthopedi adalah sebagai berikut:

  1. Artroskopi lutut dan menisektomi
  2. Artroskopi bahu dan dekompresi
  3. Pembebasan terowongan tulang pergelangan tangan
  4. Artroskopi lutut dan kondroplasti
  5. Penyingkiran implan pendukung
  6. Artroskopi lutut dan rekonstruksi ligamentum cruciatum anterius
  7. Penggantian lutut
  8. Perbaikan fraktur collum femoralis
  9. Perbaikan fraktur trochanterica
  10. Debridement kulit/otot/tulang/fraktur
  11. Perbaikan artroskopi lutut untuk kedua menisci
  12. Penggantian pinggul
  13. Artroskopi bahu/eksisi tulang selangka distal
  14. Perbaikan tendo manset rotator
  15. Perbaikan fraktur radius (tulang)/ulna
  16. Laminektomi
  17. Perbaikan fraktur pergelangan kaki (jenis bimalleolus)
  18. Artroskopi dan débridement bahu
  19. Fusi spinal lumbar
  20. Perbaikan fraktur bagian distal radius
  21. Pembedahan discus intervertebalis belakang bawah
  22. Insisi selubung tendon jari
  23. Perbaikan fraktur pergelangan tangan (fibula)
  24. Perbaikan patah tangkai paha femoral
  25. Perbaikan patah trochanterica

 

(Editor/Redaksi: Hendra RJ4/Ris)

 

Check Also

Relawan JoSmart Banten Peduli Pendidikan

Bagikan melalui WhatsAppSerpong, SUARA TANGSEL – Usia boleh muda tapi JoSmart (Jokowi Smart) begitu peduli ...

suaratangsel.com