Home / KESEHATAN / RSU TANGSEL / RSU Kota Tangsel Lakukan Sosialisasi Program SMS Gateway Melalui SKPD

RSU Kota Tangsel Lakukan Sosialisasi Program SMS Gateway Melalui SKPD

Pamulang, SUARA TANGSEL — RSU Kota Tangsel terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menggunakan SMS Gateway, dan untuk memasyarakatkan sistem pelayanan SMS Gateway ini pihak management RSU sengaja mengundang jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tingkat Kecamatan, Kelurahan, dan Puskesmas untuk mengikuti kegiatan sosialisasi sistem pelayanan berbasis SMS tersebut di gedung management RSU Kota Tangsel Lt.5, Selasa (29/9).

sosialisasi sms gateway3

Dalam sosialisasi tersebut, Direktur RSU Kota Tangsel drg Maya Mardiana, MARS menyampaikan, dengan adanya pelayanan pendaftaran SMS Gateway yang sudah launching sejak awal Agustus lalu, sudah terlihat perkembangan dari sisi pelayanan khususnya di bagian pendaftaran, untuk antrian jumlah pasien yang mendaftar semakin berkurang karena terbantu dengan adanya pelayanan SMS Gateway ini.

“Dalam sosialisasi ini, saya menyampaikan kepada bapak/ibu yang bertugas di Kecamatan, Kelurahan dan Puskesmas agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pelayanan pendaftaran melalui SMS ini” ujar Dirut RSU Kota Tangsel dalam sambutannya.

Sementara itu Asisten Daerah (ASDA) III, Ismunandar yang datang mewakili Walikota Tangsel karena berhalangan hadir, sangat mengapresiasi program pelayanan pendaftaran melalui SMS yang sudah berjalan di RSU Kota Tangsel tersebut.

“Ini adalah program yang sangat baik dan sangat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, karena kesimpulan yang saya ambil dari penjelasan ibu Dirut (Maya Mardiana -red) tadi. SMS Gateway tujuannya adalah untuk mempermudah pasien yang selama ini harus datang dulu ke RSU dan jika sudah ada rekam medisnya maka tidak perlu repot-repot lagi antri untuk daftar berobat, hanya cukup melalui sms saja pasien sudah mendapatkan pelayanan, bahkan hanya dengan menggunakan e-KTP saja masyarakat sudah bisa berobat secara gratis” terangnya.

Dari seratus besar inovasi pelayanan publik yang ada di Indonesia ini, lanjut Ismunandar. Kota Tangsel masuk dalam urutan ke 70 melalui aplikasi pelayanan perizinan secara online yang di gagas oleh BP2T Tangsel beberapa waktu lalu.”Nah mudah-mudahan dengan adanya pelayanan SMS Gateway ini, Kota Tangsel bisa kembali memberikan inovasi pelayanan kepada masyarakat dan bisa menjadi contoh untuk rumah sakit yang berada di seluruh Indonesia” ungkapnya.

Kepala Seksi (Kasie) Pelayanan non medis RSU Kota Tangsel Yosi Utami, yang juga sebagai penggagas sistem pelayanan SMS Gateway ini mengatakan, layanan fasilitas SMS ini adalah salah satu terobosan yang ditempuh, guna menghindari penumpukan pasien saat mengantri berobat di RSU Kota Tangsel.

”Walaupun untuk saat ini biaya sms masih di bebankan kepada si pasien yang mendaftar, tetapi kedepan jika memang memungkinkan dan bisa untuk di anggarkan, maka pasien nantinnya tidak akan dikenakan biaya sms pada saat melakukan pendaftaran melalui sms Gateway ini. Kami berharap masyarakat dapat terbantu dengan pelayanan baru ini dan tidak lagi terjadi penumpukan antrian di loket pendaftaran,” papar Yosi.

Yosi Utami juga menjelaskan bahwa, Pasien dapat mendaftarkan diri mereka melalui SMS ke nomor 0822 1000 7613, satu hari sebelum pemeriksaan. Kemudian, operator RSU akan membalas pesan tersebut dan mendaftarkannya ke poli pemeriksaan yang akan dituju oleh pasien.

”Pendaftaran melalui SMS ini dimulai satu hari sebelumnya dan dibuka pada pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB, dan sudah mulai diberlakukan pada Senin, (3/8) 2015 lalu,” ungkapnya.

Untuk saat ini Pasien bisa mendaftar melalui SMS dengan format tulisan.

Reg#Nama Lengkap#Tanggal Lahir#Poli Yang Dituju#Jenis Pembayaran.

Jenis pembayaran yang dimaksud adalah pasien umum, BPJS ataupun E-KTP Kota Tangsel.

Tetapi mulai 5 oktober mendatang akan ada penambahan format tulisan Nomor Rekam Medis dengan mengetikan

Reg#Nama Lengkap#Nomor Rekam Medis#Tanggal Lahir#Poli Yang Dituju#Jenis Pembayaran.

“Penambahan format tulisan nomor rekam medis ini dimaksudkan supaya proses pencarian data pasien pada saat mendaftar melalui sms akan lebih cepat terdeteksi oleh sistem nantinya” tutup Yosi.

Editor : AF Hanafi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Check Also

RSU Kota Tangsel Lakukan Tes Kesehatan Tiga Calon Sekda

Pamulang, SUARA TANGSEL – Bekerjasama dengan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah ...

suaratangsel.com