Beranda PILKADA 2017

Rano – Embay Resmi Gugat Hasil Pilkada Banten

187
Rano Embay

Kota Serang, SUARA TANGSEL – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Banten, Rano Karno dan Embay Mulya Syarif, secara resmi telah mendaftarkan permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHP Kada) Banten 2017 ke Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Selasa (28/2).

“Keputusan untuk mendaftarkan gugatan ke MK didasari oleh fakta hukum tidak ditanggapinya berbagai macam laporan kecurangan dan pelanggaran administrasi maupun pelanggaran pidana pemilu yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif, khususnya di Kota Tangerang dan Kabupaten Serang,” kata Ketua Tim Kampanye Rano-Embay, Ahmad Basarah.

Menurut Basarah, Tim Kampanye Rano-Embay juga menyoroti dugaan politik uang dan penggelembungan suara yang terjadi secara terstruktur, sistematis dan masif yang dapat berakibat hukum pada pembatalan pasangan calon.

Gugatan Rano – Embay tersebut dilayangkan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surat Keputusannya  Nomor : 08 /KPTS/KPU-Prov.015/Tahun 2017 telah menetapkan pasangan nomor urut 1 Wahidin Halim  – Andika Hazrmy unggul tipis atas pasangan nomor urut 2, Rano Karno – Embay Mulya Syarif.

Pasangan Wahidin – Andika memeroleh  2 .411. 213 suara atau sebesar 50,95 persen,  dan pasangan Rano – Embay memeroleh 2.321.323 suara atau 49,05 persen, dengan selisih suara sebanyak 89.890 suara atau 1,90 persen,  dengan tingkat partisipasi 62,78 persen.

Terkait gugatan Rano – Embay  tersebut, KPU Banten sedang melakukan pengelolaan dokumen hasil pemilihan gubernur untuk menghadapi gugatan Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Berbagai catatan dan keberatan mulai dari tingkat PPK sampai pleno kabupaten dan kota sedang disiapkan menghadapi persidangan.

“Kita berusaha mempertanggungjawabkan pekerjaan kita dengan alat bukti. Alat buktinya dokumentasi tertulis, gambar, dan putusan yang sudah dikeluarkan. Termasuk peristiwa yang KPU dan PPK telah selesaikan,” kata Komisioner KPU Banten Syaiful Bahri kepada wartawan di kantornya, Kota Serang, Kamis (2/3) lalu.

Menurut Bahri meskipun pihaknya telah memersiapkan segala sesuatu terkait gugatan PHP Kada Banten  dari pasangan Rano  – Embay  ke MK, namun hingga saat ini KPU Banten belum menerima salinan gugatan itu.

Sementara itu, berdasarkan release MK pada  Kamis (2/3) lalu, disebutkan bahwa MK  telah terima 48 perkara permohonan PHP Kada 2017. Adapun persidangan perdana, dijadwalkan pada 16 Maret 2017 dan pengucapan putusan  pada 10 hingga 19 Mei 2017. (Ibnu)