Beranda TOPIK UTAMA NASIONAL

Rakernas SMSI Ke 2, Ketum Berharap Anggota SMSI Untuk Terus Berinovasi dan Bertransformasi

3269

Jakarta, SUARA TANGSEL – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) untuk kali kedua. Dimana rapat tersebut digelar digelar di Hotel Jayakarta, pada Selasa (7/12).

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Firdaus menyampaikan kepada seluruh anggota SMSI di 34 Provinsi untuk bisa terus berinovasi dan bertransformasi dalam mengahadapi era globalisasi dan revolusi industri.

“Kita harus tetap kreativitas dan berinovasi dalam menghadapi tantangan zaman di era revolusi industri, dan trend global yang saat ini mengalami disrupsi teknologi, jangan berhenti disini dan kita harus ikut arus perkembangan zaman,” kata Firdaus.

Turut hadir dalam Rakernas SMSI, Prof. Ravik Karsidi, Staf khusus Bidang Organisasi dan Tata Kelola Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sasongko, Dewan Pertimbangan SMSI, H. Ahmad Dofiri, Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Kombes Pol Alfis Suhaili, Penyidik Madya Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, dan Syaiful Bachri, Direktur Executive SMSI.

Disisi yang sama Prof. Ravik Karsidi menjelaskan bahwa era revolusi industri 4.0 dan Society 5.0 saat ini disebut era VUCA (Volatility Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity), jadi kepemimpinan yang berpusat pada pendayagunaan instumen digital, agar organisasi beroperasi lebih efisien.

“Kepemimpinan digital lebih mengedepankan mekanisme kolaborasi dalam upaya menggerakkan organisasi dan pemangku kepentingan terkait untuk peningkatan layanan publik, upaya ini menuntut kepemimpinan yang mampu meningkatkan kapasitas SDM, memperbaharui bisnis proses dan mengembangkan keberagaman dan inovasi dalam organisasi,” jelas Staf khusus Bidang Organisasi dan Tata Kelola Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Pembukaan Rakernas SMSI Ke Dua ini dibuka dengan pemukulan Gong yang dipimpin oleh Prof. Ravik Karsidi didampingi oleh Ketua Umum Firdaus dan Sasongko selaku Dewan Pertimbangan SMSI. (rls)