Home / PENDIDIKAN / Puluhan Siswa akan Beradu Kreatifitas di Sains Fair Candle Tree School Tangsel
Sains Fair Candle Tree

Puluhan Siswa akan Beradu Kreatifitas di Sains Fair Candle Tree School Tangsel

Serpong Utara, SUARA TANGSEL –  Sekitar 70 orang siswa akan beradu kreatifitas dalam Event Sains Fair yang digelar di sekolah Candle Tree, Jalan Jati Nomor 1, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Sabtu (1/4).

Sains Fair yang mengusung tema robotic ini, diikuti para siswa dari tingkat SD, SMP, hingga SMU itu akan dibagi dalam 3 kategori, yakni Assembling (Perakitan), Maze Solving (Robot mencari jalan keluar dari lintasan berbentuk labirin), dan Line Follower (Robot yang bergerak menyusur lintasan berbentuk garis lurus atau lengkung).

“Ajang ini akan dibagi 3 kategori, para pesertanya dari berbagai sekolah di Tangerang dan Jakarta. Nanti tiap siswa akan presentasi tentang ide projectnya untuk percobaan sains,” terang Christine, Ketua penyelenggara Sains Fair.

Sains Fair itu sendiri rutin dilakukan tiap 2 tahun sekali untuk mengasah kemampuan para peserta didik, terutama dalam bidang sains dan teknologi. Diharapkan, upaya tersebut dapat dijadikan sarana aplikatif dalam mempraktekkan pelajaran yang diterima di sekolah.

“Kita berharap, para siswa tak hanya mendapat materi sains dalam bentuk teori, tapi juga bisa mempraktekkannya,” sambung Christine, yang juga menjadi pengajar dalam bidang Sains di Candle Tree.

Sayangnya, minat dan kemampuan itu hanya difasilitasi pihak internal sekolah Candle Tree. Hingga kini, belum ada keterlibatan dari Kementerian ataupun Instansi terkait dalam menyalurkan potensi yang dimiliki para siswa tersebut.

Meski demikian, Kepala Sekolah Candle Tree, Sipri Parens, meyakini jika pihaknya selama ini sudah cukup puas dengan program pembinaan serta bimbingan yang dilakukan. Pada tiap kelas, selalu di jadwalkan materi sains, kemudian implementasinya diterapkan tiap 2 tahun melalui event Sains Fair.

“Selama ini hanya pihak internal kita yang melakukan bimbingan, belum ada kerjasama dengan kementerian atau instansi. Kedepan kita inginnya pihak luar mau berkontribusi juga, sehingga bakat dan keterampilan mereka (siswa) tidak selesai di bangku sekolah saja,” ungkap Sipri di lokasi yang sama.

Dalam lomba itu, akan ada juara 1, 2 dan 3  pada tiap kategorinya. Untuk menyokong prestasi para peserta, panitia menyiapkan penghargaan berupa piala dan sejumlah uang tunai kepada masing-masing pemenangnya. (H3n)

Check Also

Seni Mural Masuk Sekolah Dasar Negri Di Tangsel

Suara tangsel_ Minggu 13/12/2017 Warna-warni yang dihasilkan sentuhan kuas para seniman The Indie Mural Indonesia ...

suaratangsel.com