Beranda ILMU & TEKNOLOGI

Prosesor 10-Deca Core Untuk Smartphone Akan Segera Hadir

54
0

Jakarta, SUARA TANGSEL — Produsen teknologi cip MediaTek asal Taiwan sedang menyiapkan prosesor baru dengan jumlah inti sebanyak 10 atau 10-core (deca-core) untuk perangkat ponsel pintar pada tahun 2016 mendatang.

Prosesor 10-core itu diberi nama Helio X20 yang bakal menggantikan prosesor octa-core (delapan inti) Helio X10. Sampel produk Helio X20 ditargetkan bisa diperkenalkan pada kuartal tiga 2015 dan perangkat komersial pertama yang memakainya ditargetkan rilis pada akhir 2016.

Kesepuluh inti pada prosesor akan dibagi menjadi tiga bagian untuk melayani kinerja rendah, kinerja menengah, dan kinerja tinggi. Ini agak di luar kebiasaan karena selama ini prosesor dengan empat dan delapan inti dibagi menjadi dua bagian untuk melayani kinerja rendah dan tinggi.

General Manager of International Corporate Sales MediaTek, Finbarr Moynihan, menganalogikan bagian kinerja menengah pada prosesor ini sebagai gigi ekstra pada mobil untuk memuluskan transisi dari kinerja rendah menuju kinerja tinggi.

Moynihan mengatakan pada Engadget, jika pengguna membuka aplikasi email atau pesan, maka yang bekerja adalah prosesor bagian kinerja rendah. Jika memainkan game kasual maka yang gerak adalah prosesor kinerja menengah. Sementara untuk bagian kinerja tinggi akan bergerak jika memainkan game kelas berat.

Sejatinya, Helio X20 merupakan hasil pengembangan prosesor delapan inti yang ditambahkan dua inti lagi. MediaTek akan memanfaatkan arsitektur prosesor ARM Cortex A53 dan dua inti tambahannya memakai ARM Cortex A72.

MediaTek mengklaim bakal meningkatkan kinerja grafis pada prosesor 10-core ini dan menawarkan konsumsi daya yang lebih hemat dari generasi sebelumnya.[] hnf/source cnn

Editor : Arkana Gifahri