Beranda ILMU & TEKNOLOGI

PP-IPTEK Kemenristekdikti Selenggarakan KRAN 2016 di Puspiptek Tangsel

502
kompetisi-roket-air

Setu, SUARA TANGSEL – Dalam rangka pengembangan IPTEK dan Implementasi kegiatan Science Center, Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK) Kementrian Riset Tehnologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan menyelengarakan kegiatan Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2016, pada tanggal 7 – 9 Oktober 2016, di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Menurut kepala PP- IPTEK Kemenristekdikti, KRAN 2016 merupakan ajang adu kreatifitas di bidang teknologi kedirgantaraan,di mana roket air digunakan sebagai salah satu medianya.

“Dalam kompetisi ini,masing-masing peserta akan adu ketrampilan dalam mendesain dan meluncurkan roket air berdasarkan zona sasaran yang sudah di tentukan,” kata Zulfan Adrialdi

Lanjut Adrialdi, “Kententuan dan peraturan yang di gunakan dalam penyelenggaraan KRAN 2016, adalah mengacu kepada kompetisi yang di laksanakan di tingkat internasional. Kompetisi di bagi dalam 2 (dua )sesi. yakni sesi pembuatan roket air dan sesi peluncuran roket air.” Terangnya.

Ia pun menyampaikan, kalau peserta kompetisi ini akan diikuti oleh  siswa siswi sekolah mengah pertama, berusia 12 – 16 tahun, berjumlah 98 orang dari berbagai kota di Indonesia.

Sebelumnya, pesereta yang mengikuti KRAN 2016 ini telah mengikuti roket air regional (KRAR) di masing masing wilayahnya,  yaitu di Jabodetabek, Jawa Barat, ,Semarang, Yogyakarta, Solo,Palembang,Belitung Timur, Sawah Lunto,Sumatra Barat, dan Bandar Lampung. KRAR di masing-masing wilayah tersebut diselenggarakan oleh Science Center Daerah.

Tujuan kompetisi roket air antara lain untuk menumbuh kembangkan minat,kreatifitas,dan inovasi pelajar Indonesia terhadap pengembangan teknologi kedirgantaraan.

Kompetisi ini menjadi ajang seleksi peserta menuju Kompetisi Roket Air Internasional,pada penyelenggaraan Asia Pasific Space Agency Forum (APRSAF). Yang tahun ini di selennggarakan di Manila, Filipina. Dan pemenang terbaik terbaik 1-6, dan diperkenankan akan mewakili Indonesia pada ajang Kompetisi Roket Air Internasional pada tanggal 12-13 November 2016, yang akan diikuti oleh 18 negara se-Asia-Pasific. (CR/Ibn)