Home / PILKADA 2017 / Pilkada 2017, KPU: Gunakan Hak Pilih untuk Memilih Pemimpin yang Dipercaya
banten-memilih

Pilkada 2017, KPU: Gunakan Hak Pilih untuk Memilih Pemimpin yang Dipercaya

Serpong, SUARA TANGSEL – Tahapan Pilkada 2017 kini memasuki tahap pemutakhiran data dan daftar pemilih. Juga tahap penelitian syarat pencalonan untuk pasangan calon yang diajukan oleh partai politik dan gabungan partai politik.

Tahapan berikutnya adalah kampanye dan laporan audit kampanye yang dimulai pada tanggal 25 Oktober 2016, beberapa hari kedepan.

Lepas dari tahapan Pilkada sebagaimana disebutkan di atas, hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut menggunakan hak pilihnya dalam memilih kepala daerahnya, yaitu memilih gubernur dan wakil gubernur Banten periode mendatang, pada Februari 2017 nanti.

Muhammad Subhan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Pilkada Banten 2017, khususnya bagi yang sudah memiliki hak pilih untuk menggunakan haknya itu dalam menentukan masa depan dan perubahan banten 5 tahun ke depan, dengan memilih gubernur dan wakil gubernur Banten, pada tangal 15 Februari 2017 mendatang.

“Memilih itu merupakan hak konstitusional  setiap warga negara yang telah berusia 17 tahun ke atas dan atau yang telah menikah untuk memilih pemimpin, dalam hal ini adalah memilih kepala daerah yaitu gubernur dan wakil gubernur Banten periode lima tahun ke depan. Karenanya hak ini jangan disia-siakan,” kata M Subhan menghimbau.

“Gunakan hak tersebut untuk memilih pemimpin yang dipercaya,” tambahnya.

Senada, Ketua presidium Jaringan Relawan untuk Demokrasi (JaRed) A Priyanto menyampaikan, ajakan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2017 mendatang oleh KPU perlu diapresiasi dengan baik oleh semua pihak, karena  mereka diberi tugas untuk mewadahi hak konstitusional tersebut.

Untuk itu, lanjut Priyanto masyarakat juga harus proaktif untuk memastikan apakah namanya telah terdafar sebagai Pemilih pada Pilkada Banten 2017. Apabila belum terdaftar, masyarakat bisa melapor ke petugas KPU di kelurahan setempat. Saat melapor, masyarakat harus membawa fotokopi KTP.

“Sampaikan saja, dengan fotokopi KTP tunjukkan, nanti akan didata,” kata Prianto.

(Ycr /Hen/Ibn)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Check Also

Kuasa Hukum WH Andika

Kuasa Hukum Wahidin – Andika Yakin Gugatan Rano-Embay Tak akan Diterima MK

Kota Cilegon, SUARA TANGSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten dalam Surat Keputusannya  Nomor ...

suaratangsel.com