Beranda TOPIK UTAMA INTERNASIONAL

Pertama Dalam Sejarah, Masjid Al Aqsa akan Ditutup Selama Ramadhan

291

Al-Quds, SUARA TANGSEL – Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki Israel akan ditutup selama bulan suci Ramadhan. Langkah ini, yang dimaksudkan untuk menghambat penyebaran virus corona, akan menjadi pertama kalinya dalam sejarah.

Anadolu Agency melaporkan, Dewan Wakaf Islam Yerusalem, organisasi yang dikelola Yordania, menekankan bahwa keputusan itu dibuat sesuai dengan fatwa Islam dan rekomendasi medis yang diumumkan sebelumnya.

Dewan mengumumkan pada 22 Maret bahwa shalat di Masjid al-Aqsa telah ditangguhkan akibat virus corona.

Masjid Al-Aqsa adalah situs paling suci ketiga di dunia untuk umat Islam. Orang-orang Yahudi menyebutnya Temple Mount. Mereka mengklaimnya sebagai tempat dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967. Negara pendudukan ini kemudian menganeksasi seluruh kota pada tahun 1980 dalam suatu langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Sampai saat ini, pihak berwenang Palestina telah mengkonfirmasi setidaknya 81 kasus virus corona di Yerusalem Timur.

Kementerian Kesehatan mengatakan, jumlah kasus baru virus corona di Israel telah mencapai 12.855 dengan 148 kematian, Kementerian Kesehatan mengatakan Kamis.

Secara global, lebih dari 2,1 juta orang telah terpapar virus corona, dengan jumlah kematian melebihi 140.000, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins AS. Lebih dari 532.800 orang telah pulih.

(1st/SPNA/Anadolu Agency)