Beranda PENDIDIKAN

Peringati Hari Guru Nasional, SDN Ciputat 02 : Berkolaborasi Demi Masa Depan Bangsa yang Berkarakter

953

Ciputat, SUARA TANGSEL – Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tahun, yaitu setiap tanggal 25 November. Dimana pada tanggal tersebut bertepatan juga dengan lahirnya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tepatnya pada 25 November 1945, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Pada perayaan Hari Guru Nasional tahun 2021, pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengangkat tema “Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan.”

Tema tersebut diangkat untuk meningkatkan semangat para pendidik untuk memulihkan pendidikan di mana selama hampir dua tahun ke belakang, para peserta didik mengalami learning loss dikarenakan pembelajaran jarak jauh yang kurang efektif.

Berkaitan dengan hal itu, perlu adanya kegiatan untuk mengapresiasi para pendidik melalui peringatan Hari Guru Nasional dalam lingkup nasional, kabupaten/kota, ataupun sekolah masing-masing.

Selaras dengan hal tersebut, Kepala Sekolah SDN Ciputat 02, Hj. Khomsiyah, S.Pd. M.M. mengadakan kegiatan peringatan Hari Guru Nasional di SDN Ciputat 02, dengan mengundang Koordinator Pengawas SD, Samsudin, S.Pd., M.M.Pd., dan beberapa perwakilan Kepala Sekolah SD yang ada di Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan.

Turut hadir Ketua Komite SDN Ciputat 02, Hj. Laily Nurfiana, S.H., serta perwakilan orang tua/wali murid dari tingkat satu sampai tingkat enam. Kegiatan ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di mana para tamu undangan melewati pengecekan suhu badan dan mencuci tangan sebelum masuk ke area sekolah. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PGRI oleh grup paduan suara guru SDN Ciputat 02.

Kepala Sekolah SDN Hj. Khomsiah S.Pd. M.M dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para tamu undangan yang sudah hadir, khususnya kepada Ketua Komite yang selalu membantu SDN Ciputat 02 dalam setiap kesempatan.

“Saya sangat berpendapat bahwa sekolah tidak akan maju jika tidak ada kerja sama yang baik antara guru dan orang tua/wali murid,” ucap Kepala Sekolah SDN Ciputat 02, pada Jum’at (26/11).

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa acara peringatan Hari Guru Nasional yang diadakan di SDN Ciputat 02 ini, bertujuan untuk memberi apresiasi terhadap guru-guru, khususnya guru SDN Ciputat 02 untuk tetap semangat mendidik para generasi masa depan.

Selain itu, acara ini juga sebagai ajang silaturahmi antara pihak sekolah dengan para orang tua/wali murid setelah sekian lama hanya berkomunikasi lewat virtual.

“Untuk depannya, saya mengharapkan kolaborasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua/wali murid untuk sama-sama membangun generasi muda bangsa Indonesia yang berkarakter,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Pengawas SD, Samsudin, S.Pd., M.M.Pd. menambahkan, bahwa perlu adanya monitoring dari wali murid terhadap cara mengajar guru yang dirasa kurang tepat.

Selain itu, Samsudin menekankan bahwa di Kurikulum 2013 ini yang ditekankan bukanlah nilai, melainkan penguatan karakter peserta didik.

“Saya harap agar para orang tua/wali murid tidak membebani para peserta didik untuk mendapat nilai tinggi, melainkan kemampuan apa yang sudah dipelajari,” ujar Samsudin.

Acara ditutup dengan pembacaan doa dan pemotongan tumpeng oleh Kepala Sekolah bersama Ketua Komite dan Koordinator Pengawas SD.

Kemudian, para tamu dan para guru SDN Ciputat 02 diperkenankan untuk menikmati hidangan dan menikmati hiburan musik dari salah satu guru SDN Ciputat 02. (Mhd20)