Beranda TOP TANGSEL

Peringati Hardiknas Anak Jalanan Fly Over Pasar Ciputat Gelar Panggung Apresiasi Seni

245

Ciputat, SUARA TANGSEL — Ada yang unik pada saat melintas di area pasar Ciputat, tepatnya di kolong fly over Cputat pada hari Sabtu (02/05). Kolong fly over tersebut ternyata digunakan untuk acara panggung apresiasi dan kreasi anak-anak jalanan yang ada di wilayah Ciputat dan sekitarnya, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

sanggar kreatif anak bangsaPanggung apresiasi dan kreasi anak-anak jalanan ini dihiasi beberapa buah lukisan buah karya anak jalanan yang dibina oleh Sanggar Kreatif Anak Bangsa (SKAB), sanggar ini sudah berdiri sejak tahun 2010 dan sempat beberapa kali berpindah tempat.

Salah satu pendiri Sanggar Kreatif Anak Bangsa, Diki Komaruzaman, menjelaskan tentang perlunya menanamkan jiwa sosial di dalam diri kita untuk merepati kepada anak-anak jalanan yang rata-rata putus sekolah karena faktor ekonomi orang tua mereka.

“Memperingati Hari Pendidikan Nasional, kami mengajak kawan kawan dari mahasiswa untuk bersama sama-sama berkontribusi memberikan pelayanan pendidikan kepada anak-anak jalanan yang ada di area fly over pasar Ciputat” ungkapnya.

Diki juga mengatakan jika ada diantara anak jalanan yang ingin melanjutkan jenjang sekolah maka, SKAB akan memfasilitasi mereka untuk mengikuti sekolah paket,”Jika ada diantara mereka yang tidak mau melanjutkan sekolah maka kami akan mengarahkan mereka kepda pengembangan bakat dan kreatifitas dari mereka masing masing”ujarnya.

Salah satu pengurus dan juga pengajar sanggar kreatif anak bangsa, Wini, juga menjelaskan bahwa pentingnya dunia pendidikan bagi anak-anak jalanan ini. “Pendidikan itu tidak hanya atau harus selalu di sekolah formal, pendidikan itu bisa didapatkan di mana saja,” jelasnya

“Kami ingin mengubah stigma masyarakat dan opini mereka terhadap anak jalanan, itulah mengapa kami mengadakan panggung apresiasi ini dikolong fly over Ciputat, agar masyarakat dapat melihat bahwa anak-anak jalanan ini juga perlu mendapatkan pendidikan yang layak seperti yang dirasakan oleh anak-anak mereka,” ujarnya.[] hnf

Editor/Redaktur : Arkana Gifahri/Ridwan Saleh