Beranda OPINI

Peran Penting Hand Sanitizer Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

276
Mahasiswi London School of Public Relations Communication & Business Institute. Foto : Istimewa

Covid-19 merupakan penyakit yang mengganggu pernapasan. Covid-19 dapat menyerang siapa saja tetapi lebih beresiko apabila menyerang lansia.

Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan selama pandemi ini. Salah satu cara adalah dengan menggunakan hand sanitizer ketika bepergian.

Hand sanitizer merupakan salah satu alat yang sangat penting selama masa pandemi karena bisa digunakan untuk menjaga kebersihan tangan ketika bepergian. Terdapat dua tipe hand sanitizer, yang pertama adalah hand sanitizer gel dan hand sanitizer spray.

Hand sanitizer sangat mudah diaplikasikan. Cara pengaplikasiannya hanya dengan menuangkan gel ke tangan. Jenis gel ini tidak bekerja secepat hand sanitizer spray tetapi dapat mempertahankan keefektifannya lebih lama dibandingkan jenis spray. Kemudian, hand sanitizer spray ini lebih mudah diaplikasikan, juga dapat bekerja lebih cepat, tetapi, walaupun lebih mudah diaplikasikan dan bekerja lebih cepat, jenis spray keefektifannya tidak dapat bertahan lama.

Dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing, hand sanitizer gel dan hand sanitizer spray sama-sama efektif menjaga kebersihan tangan. Konsentrasi alkohol yang dibutuhkan dalam bahan hand sanitizer agar dapat efektif membunuh bakteri adalah sebanyak 60% atau lebih besar.

Kemudian bagaimana cara kerja hand sanitizer? Produk hand sanitizer umumnya mengandung alkohol sebagai bahan utama. Alkohol dapat mencegah protein mengacaukan metabolisme sel atau bahkan membelah sel untuk menghancurkan bakteri.

Hand sanitizer dapat bekerja efektif apabila menggunakannya dengan benar. Berikut cara menggunakan hand sanitizer:

1. Melepaskan semua perhiasan yang ada ditangan.

2. Ambil salah satu hand sanitizer pada salah telapak tangan.

3. Gosokan dan ratakan hand sanitizer ke seluruh permukaan tangan sampai ke sela-sela jari dan tunggu hingga mengering.

Di kondisi seperti ini, kebersihan merupakan hal yang sangat penting agar kita dijauhkan oleh virus Corona. Maka dari itu, hand sanitizer sangatlah penting untuk menjaga kebersihan ketika sedang bepergian. Dengan menerapkan hal ini, maka kita telah ikut turut serta dalam menjaga diri dan menjaga orang disekitar kita.

Penulis : Angel Revalina