Home / KESEHATAN / RSU TANGSEL / Pentingnya Vaksinasi Imunisasi Dasar Bagi Bayi dan Balita
Dokter Spesialis Anak RSU Kota Tangsel dr.Vollico Nenni S.Sp.A

Pentingnya Vaksinasi Imunisasi Dasar Bagi Bayi dan Balita

Pamulang, SUARA TANGSEL — Imunisasi merupakan prosedur pencegahan penyakit menular yang diberikan kepada anak sejak masih bayi hingga remaja. Caranya dengan memberikan mikro organisme bibit penyakit berbahaya yang sudah dilemahkan (Vaksin) ke dalam tubuh sehingga merangsang sistem kekebalan tubuh (imun) terhadap jenis antigen itu di masa yang akan datang, khususnya bagi bayi dan balita.

Karena itu, bagi orang tua yang memiliki bayi atau balita dianjurkan mengikuti program imunisasi dasar yang bertujuan untuk merangsang sistem imun guna membentuk antibodi. Atas dasar itulah diperlukan pengetahuan atau informasi yang cukup tentang pentingnya melakukan imunisasi dasar khususnya pada bayi dan balita. Pasalnya, imunisasi yang diberikan bertujuan agar bayi siap dengan lingkungan baru (luar kandungan) karena tidak ada lagi kekebalan tubuh alami yang didapatkan dari bayi seperti saat masih dalam kandungan ibunya. Apabila tidak dilakukan imunisasi, dan kemudian terkena kuman yang menular, kemungkinan tubuhnya belum kuat melawan penyakit tersebut.

Untuk mengetahui apa itu vaksin atau imunisasi, maka  suara tangsel.com telah melakukan wawancara dengan dokter spesialis anak di RSU Kota Tangsel, dr. Vollico Nenni S.Sp.A, yang kemudian akan menjelaskannya pada Anda.

“Vaksin itu sangat penting untuk kekebalan tubuh, karena imunisasi dasar pada bayi atau balita merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit dengan cara pemberian beberapa vaksin saat imunisasi  dasar yang harus diberikan pada bayi atau balita melalui oral maupun dengan cara penyuntikan” terangnya.imunisasi_wajib

Maanfaat imunisasi dasar lainnya, lanjut Vollico Nenni, selain untuk menjaga daya tahan tubuh anak, imunisasi juga dapat mencegah penyakit menular yang berbahaya, menjaga anak tetap sehat, mencegah kecacatan dan kematian, serta menjaga dan membantu perkembangan anak secara optimal.

Di dalam imunisasi terdapat vaksin atau mikro organisme penyebab penyakit yang telah dilemahkan. Cara kerjanya yaitu dengan menipu tubuh untuk merangsang sistem pertahanan tubuh (imun) atau anti bodi.

Pada saat imunisasi atau vaksinasi dilakukan setelah kuman-kuman tersebut ada didalam tubuh maka sistem pertahanan tubuh akan melakukan perlawanan terhadap ”invasi’ antigen ini sehingga sistem pertahanan tubuh bisa mengidentifikasi antigen tersebut dan mempunyai kemampuan melawan di masa yang akan datang (imunitas).

Jadwal Imunisasi pada Bayi dan Balita
Jadwal Imunisasi pada Bayi dan Balita

Jenis vaksinasi atau imunisasi dasar yang wajib diberikan pada anak

  1. Vaksin Hepatitis B

Virus hepatitis B adalah virus yang menyebabkan penyakit hepatitis B atau lebih dikenal dengan nama penyakit kuning. Penyakit ini sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan pada hati. Pemberian vaksin 3 kali pada bayi terbukti mampu mencegah penyakit hepatitis B sampai 75 %.

  1. DPT Vaksin

Vaksin ini merupakan gabungan dari 3 vaksin yaitu Difteri, Pertussis, dan Tetanus (DPT). Difteri merupakan penyakit dari basil Difteri yang bisa menyebabkan kerusakan jantung dan saraf. Pertussis yaitu penyakit batuk rajan yang sangat menular penyakit ini sering juga disebut dengan istilah batuk 100 hari. Tetanus disebabkan oleh jenis bakteri yang disebut dengan Clostridium tetani ditandai dengan kekakuan otot gejala penyakit tetanus hampir sama dengan Epilepsi.

  1. Vaksin Polio

Penyakit polio adalah penyakit yang bisa menyebabkan kelumpuhan pada anak. Menurut penelitian vaksin polio terbukti 90 % efektif untuk mencegah infeksi polio pada anak.

  1. Vaksin Campak

Campak adalah salah satu jenis Penyakit kulit yang menular berakibat fatal terutama pada anak-anak. Menurut penelitian Vaksin ini dapat mencegah infeksi campak hingga 90 persen.

  1. Bacille Calmette Guerin (BCG)

Vaksin berguna untuk mencegah penyakit tuberculosis (TBC) yaitu penyakit infeksi Mycobacterium tuberculosis. Kuman ini Merupakan kuman yang sangat berbahaya dan tidak mudah untuk di mati kan.

  1. Vaksin HiB

Vaksin ini diberikan untuk melakukan pencegahan penyakit meningitis dan pneumonia. Yang di sebabkan oleh infeksi bakteri Haemofillus Influenza B. Sangat berbahaya karena telah menyebabkan kematian 386.000 anak tiap tahunnya.

dr.Vollico Nenni juga mengatakan bahwa banyak orang tua yang masih takut untuk memberikan Vaksin Imunisasi kepada anak – anak mereka, karena mendapatkan informasi dan sumber yang tidak pasti.

“Ada enam vaksinasi atau imunisasi dasar yang wajib diberikan kepada bayi atau balita, jadi untuk para orang tua jangan takut untuk segera memberikan imunisasi dasar kepada anak atau balitanya, karena berdasarkan data dan fakta, vaksinasi atau imunisasi sudah melewati berbagai macam tahapan penelitian dan pengujian secara klinis, apalagi vaksinasi atau imunisasi dasar ini adalah program pemerintah yang diberikan secara gratis,” tutup Vollico.  [] hnf

Editor : AF Hanafi

Check Also

RSU Kota Tangsel Lakukan Tes Kesehatan Tiga Calon Sekda

Pamulang, SUARA TANGSEL – Bekerjasama dengan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah ...

suaratangsel.com