Beranda TOPIK UTAMA POLITIK

PEMERINTAH KOTA TANGERANG SELATAN LEBIH PEDULI KEPADA PT. PITS DARI PADA HAK DASAR KESEHATAN MASYARAKAT

358

Tangerang Selatan, Suara Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah mengesahkan APBD Tahun Anggaran 2020. Dalam pembahasan tersebut FraksiGerindra-PAN DPRD Kota Tangerang Selatan dengan tegas menyampaikan bahwa APBD TahunAnggaran 2020 harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada kepentingan masyarakat.

Sikap tersebut terlihat dari Walk Outnya Fraksi Partai Gerindra-PAN pada rapat paripurna persetujuan bersama Raperda APBD TahunAnggaran 2020 Kota Tangerang Selatan.

Salah satu yang menjadi keberatan Fraksi Partai Gerindra-PAN adalah Penyertaan Modal kepada PT. PITS sebesarRp. 21,3 Miliyar. Sebab PT. PITS selama ini belum memberikan kontribusi kepada Pendapat Daerah, sehingga penyertaan modal tersebut tidak jelas manfaatnya.

Disisi lain Pemeritah Kota Tangerang Selatan memiliki urusan wajib yaitu memberikan pelayanan kesehatan. Dalam APBD 2020 Pemkot Tangsel menganggarkan Rp 100 Milyaruntuk UHC. Jumlah tersebut sama dengan pembayaran Iuran selama lima bulan atau sampai dengan Bulan Mei, ini tentu akan terjadi tunggakan pembayaran Iuran dan itu sangat merugikan masyarakat.

Ketua Fraksi Partai Gerindra-PAN, Ahmad Syawqi mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan lebih peduli kepada PT. PITS dari pada urusan kesehatan masyarakat Kota Tangerang Selatan.

” Bagaimana tidak, pemerintah Kota Tangerang Selatan lebih memilih menggelontorkan anggaran penyertaan modal kepada PT. PITS yang tidak jelas karena sampai saat ini tidak berkontribusi ke kas daerah dari pada memenuhi hak dasar yaitu kesehatan masyarakat yang menjadi urusan wajib pemerintah daerah,” jelas Syawqi Selasa (14/1/2020).

Ahmad Syawqi menambahkan, Penyertaan Modal kepada PT. PITS terdapat catatan dari hasil evaluasi Gubernur karena belum berkontribusi kepada pendapatan daerah sehingga perlu dilakukan evaluasi kinerja BUMD. Namun Pemerintah Kota Tangerang Selatan tetap memasukkan kedalam nomenklatur anggaran.

(DN)