Home / PENDIDIKAN / Parenting Keluarga “Mendampingi Anak Memasuki Masa Pubertas”
Peserta denngan tekun mengikuti ceramah Parenting Keluarga dari DR. Aisah Dahlan Foto: Istimewa

Parenting Keluarga “Mendampingi Anak Memasuki Masa Pubertas”

Serpong, SUARA TANGSEL – Sekolah Islam Terpadu (SIT) Aulady bekerja sama dengan komite SD dan ISO SMP SIT Aulady menggelar Parenting Keluarga dengan tema “Mendampingi Anak Memasuki Masa Pubertas” di halaman SIT Aulady, tepatnya di Jalan H.S Nawi Haru, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Lilis Laela selaku Humas SIT Aulady menjelaskan, kegiatan parenting ini dalam rangka mengedukasi para orang tua untuk mendampingi dan mempersiapkan diri menghadapi anak-anak yang sudah masuk masa pubertas dan anak-anak yang sudah balik.

Selain itu tujuannya menjalin silaturahmi kepada orangtua untuk meningkatkan ukhuwa dan mengedukasi para orang tua bahwa pola asuh anak itu bukan tanggung jawab sekolah saja namun harus ada sinergi antara orangtua, masyarakat dan sekolah.

“Jadi ketiga pilar ini harus bersinergi untuk mencetak pola asuh anak, karena kalau cuma satu pilar kita akan repot, contohnya kita sudah mendidik dengan benar di sekolah namun dirumah nggak ada kepedulian orang tua, berarti hasilnya percuma, tidak maksimal,” ujar Lilis saat diwawancarai awak media, Selasa (25/9/2018).

Dr. Aisah Dahlan selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan, dirinya menyampaikan tips-tips sederhana dalam mendidik anak-anak yang baru masuk masa pubertas dan para orang tua dituntut agar menjadi orang tua yang asyik dan mampu membuat suasana di dalam rumah selalu aman dan nyaman.

“Tadi disampaikan tips-tips sederhana sebetulnya ya, intinya jadilah orang tua yang asyik bagaimana membuat suasana di rumah itu aman dan nyaman dengan cara harus banyak belajar. Salah satunya dengan sering-sering mengikuti kegiatan parenring seperti ini,” kata Dr. Aisah yang menjadi Pembina Unit Narkoba Rumah Sakit Bhayangkara Sespim Polri Ciputat itu.

Selain itu dirinya menggaris bawahi pada saat anak-anak beranjak dewasa atau masa pubertas ada perubahan hormon, sehingga orang tua harus paham menghadapi hal ini. Anak bingung juga dan orang tua harus mengerti untuk menghadapi perasaannya agar bisa beradaptasi.

“Dan yang harus diketahui juga bagi oara orang tua, perkembangan otak anak laki-laki dan perempuan berbeda jauh, oleh karena itu kegiatan seperti ini sangat bermanfaat sekali bagi orang tua, karena semakin banyak para orangtua mengikuti kegiatan parenting, mereka akan semakin kaya dengan ilmu tata cara berkeluarga dan mendidik anak,” jelas Ketua Asosiasi Rehabilitas Narkoba Se-Indonesia ini.

Sementara, salah seorang wali murid yang hadir dalam kegiatan itu menanggapi bahwa, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, terutama bagi dirinya.

“Sangat bermanfaat dan masukannya itu betul betul mengena kepada kita. Salah satunya cara mendidik anak laki-laki dan anak perempuan, karena saya kan punya dua anak laki-laki ya, jadi nanti saya akan mendidik anak saya seperti yang diajarkan oleh bu Aisyah,” ujar Rahmania Rahu usai kegiatan parenting tersebut.

Linda Chandra Dewi selaku Ketua yayasan SIT Aulady, mengapresiasi kepada para komite SD dan ISO SMP SIT Aulady serta ibu pengajian SIT Aulady telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif dan mendidik sekali di mata para orangtua murid.

“Sangat positif banget ya, terutama untuk orang tua dalam menghadapi dan mendidik anaknya di era globalisasi seperti ini, ilmunya sangat bermanfaat,” tukasnya.

 

Check Also

Peringati Hari Pahlawan, SD Harapan Bangsa Modernhill Apresiasi Atlet Asian Para Games

Bagikan melalui WhatsAppPondok Cabe, Suara Tangsel – Sekolah Dasar Harapan Bangsa Modernhill merayakan hari Pahlawan ...

suaratangsel.com