Beranda BISNIS

MoU PT Mandiri Muhibbah dengan LAPAN dalam Pembuatan Pesawat Terbang Tanpa Awak

1149

Jakarta, SUARA TANGSEL – Senin, (13/04) PT Mandiri Muhibah (M-3) dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) telah melangsungkan penandatanganan kerjasama (MoU) untuk pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.  Acara penandatangan MoU ini diwakili oleh Drs. I. L. Arisdiyo, M.Si dari LAPAN dan  Ir. Tjahjono Darmohusodo, Direktur Utama M-3, yang bertempat di Graha Widya Bhakti, kawasan PUSPITEK Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Penandatangan MoU ini juga diselenggarakan bersamaan dengan acara “Nasional Innovation Forum 2015” di waktu dan tempat yang sama, dimana M-3 juga menjadi salah satu peserta dari forum tersebut. Acara ini juga dihadiri Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dan Menter Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Muhammad Nasir.

M-3, yang berdiri pada tahun 2003 ini dalam kerjasamanya dengan LAPAN, memiliki kompetensi serta itikad baik dalam bersinergi memproduksi hasil penelitian pengembangan dan perekayasaan (Litbangyasa) teknologi penerbangan serta memasarkan produk hasil Litbangyasa berupa Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA). PTTA mampu dikendalikan jarak jauh oleh pilot atau mengendalikan diri sendiri dengan menggunakan mode autopilot.

“Kami memiliki komitmen untuk mendukung pemerintah dalam program pengembangan dan  penerapan IPTEK di Indonesia.  Penandatangan Mou antara M-3 dengan LAPAN merupakan salah satu bentuk komitmen tersebut. Dengan pengalaman dan kemapuan yang kami miliki, kami mampu memproduksi PTTA dan membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing di dunia Internasional, “ujar T. Budi Santoso, M.B.A, Komisaris Utama PT Mandiri Mitra Muhibbah.

Pesawat PTTA yang akan diproduksi oleh M-3 merupakan produksi dalam negeri dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan pembelian PTTA dari luar negeri. Kerjasama ini juga mendukung perkembangan industry dalam negeri, terutama dalam bidang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Tentang PT Mandiri Mitra Muhibbah (M-3)

PT Mandiri Mitri Muhibbah (M-3) merupakan perusahaan yang menawarkan keahlian khusus dalam melakukan perbaikan dan perawatan system komunikasi serta elektronika system senjata milik Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Untuk menunjang kebutuhan TNI, M-3 telah memproduksi Target Drone sejak tahun 2005. Target Drone merupakan simulasi pesawat tempur berkecepatan tinggi yang menjadi sasaran udara pada saat latihan menembak meriam atau peluru kendali.  Informasi  lebih lengkapnya mengenai M-3, kunjungi www.m-3.co.id. [] Oce/H2

 

Editor/Redaksi: Ridwan Saleh