Beranda TOP TANGSEL

Meski Ditolak Warga, Komisi IV DPRD Tangsel Dukung Langkah Pemkot Bangun PLTSa di Cipeucang

972

Tangsel, SUARA TANGSEL – Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Cipeucang sempat didemo warga beberapa kali, Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Aldi Zuhri mendukung langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA).

Pembangunan PLTSa Aldi Zuhri menyebutkan layak dibangun, layak-layak ajah.

“Dasarnya, ya kan memang kita (Tangsel) gak ada tempat lain pembuangan sampah, kemana-mana gak mau terima mau gak mau pake PLTSA. Sudah begitu lahan kita gak punya, kemana-mana kita gak diterima, sampah mau dibuang kemana? 1000 ton lagi, perhari,” ujar dia, Jumat, (22/1).

Saat ditanya apakah boleh membangun PLTSa dibibir sungai yang mengacu kepada Undang-undang No.32 Tahun 2009. Ia menjawab jadi bukan disitu, nanti kita cari tempat untuk pengelolaan sampah dimana itu langkah berikutnya bukan berarti harus disitu.

“Kemungkinan lokasi pembangunan PLTSa dekat TPA Cipeucang mungkin. Itu kan kemarin sampah numpuk disitu, kalau itu sudah dikelola nanti jauh dari situ,” kata dia.

“Meski demikian saya belum tau lebih tepatnya lokasi PLTSa. Ketika Rapat Koordinasi (Rakor) baru saya tanyakan. Saya kan baru baca beritanya nih, cuma waktu rakor saya katakan itu memang harus pake teknologi, gak bisa cara tradisional dipungut satu-satu,” sambung dia.

Dia menjelaskan DPRD mendukung sekali pembangunan PLTSa. karena sampah semakin hari semakin bertambah.

“Meskipun sudah ekspor kerjasama dengan serang, 350 ton, masih bertambah lagi nantinya. Cipeucang juga berapa kali didemo, ditolak oleh warga, beberapa kali kami jembatani ke DLH,” ungkap dia.

“Nah mangkanya solusinya harus pake tenaga listrik,” tandasnya. (**)