Beranda TOPIK UTAMA NASIONAL

Memperingati Ulang Tahun, TNI AU Gelar Bulan Dirgantara Indonesia 2016

309
Hari Dirgantara Nasional

Jakarta, SUARA TANGSEL –  Memeriahkan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) mempersembahkan Bulan Dirgantara Indonesia. Acara yang   dilaksanakan di Pangkalan  TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur,  Jumat – Minggu, 15 – 17 april 2016.

Acara tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT TNI AU ke 70, pada 9 April lalu.

Kegiatan yang dilakukan adalah Dirgantara Edutech Expo 2016, berbagai lomba olahraga kedirgantaraan, seminar kedirgantaraan, atraksi manuver militer dari TNI AU, peragaan dinamis arsenal TNI AU dan sipil, pesta balon udara, kompetisi foto, dan hingga berbagai hiburan berlatar kedirgantaraan.

“Ini merupakan upaya untuk semakin mendekatkan TNI AU dan seluruh pemangku kepentingan di bidang kedirgantaraan kepada publik. Banyak lokasi akan dipergunakan dan upaya untuk mewujudkan ini sangat besar karena itu kami berharap gelaran Bulan Dirgantara 2016 ini berhasil dan sukses,” kata Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Agus Supriatna.

Dalam sambutannya,  kata  Agus Supriatna, selama tiga hari, publik dari berbagai kalangan dapat menyaksikan dan merasakan atmosfer kedirgantaraan nasional dalam berbagai bentuknya. Bukan cuma publik dalam negeri karena publik dari mancanegara juga diundang hadir.

TNI AU lahir di Pangkalan Udara Maguwo (saat itu), Yogyakarta, pada 9 April 1946. Di lingkungan ASEAN, hanya Angkatan Udara Kerajaan Thailand yang usianya melebihi TNI AU. Bahkan Angkatan Udara Amerika Serikat masih setahun lebih muda ketimbang TNI AU.

Parasut Produk Indonesia

Terdapat salah satu peserta expo, PT Tirta Indo Sentosa sebagai agen parasut di Indonesia menampilkan berbagai produk parasut untuk sipil, free fall dan grup.

Menurut Direktur PT Tirta Indo Sentosa, Dewi Srikandi mengatakan, ” Pemakaian parasut kebanyakan dipakai dikalangan TNI (AL, AU, AD) sedangkan untuk sipil dipakai di FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Dan semua produk tersebut mendapat rekomendasi dari Aerodinamis Amerika.”kata Wanita  pemegang lisensi parasut dari Amerika.

Expo tersebut menampilkan Youth Multi-community event, Lomba Fotografi, melukis dan mewarnai, Hot Air Balloon, Pemilihan Putra & Putri Dirgantara hingga Cerdas cermat teknologi kedirgantaraan.

Sebagai puncak rangkaian Bulan Dirgantara Indonesia digelar Seminar Nasional Kedirgantaraan pada 25 dan 26 April 2016, di Persada Executive Club, Halim Perdanakusuma mengangkat tema “Meningkatkan peran TNI Angkatan Udara Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim. (ED/GN)