Beranda SUARA BANTEN KOTA TANGSEL

Maraknya Aksi Pencurian di Villa Dago Tol, Warga Pasang Pagar Pengaman

280

Ciputat. SUARA TANGSEL – Tinginya tingkat kejahatan pencurian akhir-akhir ini semakin meresahkan masyarakat. Penyebabnya beragam, mulai dari asalan ekonomi hingga alasan ketergantungan terhadap obat-obat terlang, narkotika.

Untuk mengantisipasi tingkat kejahatan pencurian tersebut, warga perumahan Villa Dago Tol, Kelurahan Sarua, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), memasang pagar pengaman di komplek perumahnya, Kamis (30/4). Hal ini karena beberapa warga perumahan pernah mengalami beberapa kali pencurian. Dalam satu malam 4 unit sepeda motor hilang sekaligus, dari teras rumah warga Rw 20 di perumahan itu. Aksi pencurian ini bahkan telah merambah hingga ke perkampungan Cilalung yang berbatasan langsung dengan perumahan Villa Dago Tol.

Salah satu aksi untuk mengantipasi terjadinya pencurian di perumahan ini, beberapa Rt kompak melakukan kegiatan ronda malam untuk mengamankan lingkunang mereka, dan memasang pagar pengaman sistim buka tutup.

Ada beberapa Rt seperti 03, 04, dan 05 yang berada dilingkungan Rw 20, telah memasang pintu pagar dorong demi mengantisipasi tindak kejahatan pencurian tersebut. Warga juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan menggalakkan sistim ronda malam untuk menjaga keamanan lingkungan dan meminimalisir ruang gerak para pelaku pencurian di kawasan perumahan ini.

Pemasangan pintu pagar terlaksana berkat kerjasama Ketua Rt beserta warganya. Dana yang digunakan adalah dana yang terkumpul dari swadaya warga, dan langsung di bawah koordinasi Ketua Rt-nya masing-masing.

“Apa yang saya lakukan ini manfa’atnya untuk warga sendiri, yaitu memberikan rasa aman dan nyaman, program pemasangan pagar ini dapat terlaksana berkat dukungan semua warga yang ada di lingkungan ini,”ujar Risman, Ketua Rt 05

Ia pun menambahkan,” apa yang sudah dilakukan ini harus dijaga dan dirawat dengan baik, disamping itu kedepannya mari kita galakkan kembali sistim ronda malam demi keamanan dan kenyaman warga di lingkungan kita, karena kita tidak boleh hanya tertumpu pada pagar pengaman semata”. Himbaunya.

Kerjasama dan komunikasi antar Ketua Rt harus terjalin dengan baik agar kita dapat bersama-sama mengantipasi dan mempersempit ruang gerak aksi kejahatan pencurian.” Ujar Basuki Ketua Rt.04

Selanjutnya ia pun mengatakan, “sistim berkala di dalam penerapan ronda warga malan hari sangat efektif, dan memiliki banyak sisi positifnya, salah satu adalah terciptanya komunikasi yang searah antar warga, dan menimbulkan rasa kekeluargaan yang semakin kuat tercipta demi keamanan dan kenyamanan lingkungan kita bersama. Dan  inilah yang kami terapkan di Rt.04, semoga kedepannya setiap Ketua Rt di lingkungan perumahan ini dapat lebih memfungsikan warganya di dalam menjaga keamanan lingkungannya bersama. [] ris/dz

 

Editor/Redaktur : Ridwan Saleh