Beranda TOP TANGSEL

Malam Pergantian Tahun Baru , Polres Bogor Akan Berlakukan Car Free Night di Jalur Puncak

758

Bogor, Suara Tangsel – Polres Bogor akan memberlakukan ” Car Free Night” pada malam pergantian Tahun Baru 2019-2020 di jalur Puncak, Bogor Jawa Barat. masyarakat yang akan berlibur di Puncak agar memperhatikan jadwal penutupan jalan dan berangkat lebih awal. Pelaksanaan car free night di Jalur Puncak yang akan dilaksanakan pada Selasa (31/12/2019) pukul 18.00 WIB hingga Rabu (01/01/2020) pukul 06.00 WIB.

Namun, bukan berarti para pengguna sepeda motor juga akan bebas dari penutupan jalur ini. Kasatlantas Polres Bogor AKP M. Fadli Amri mengatakan, motor juga ada kemungkinan dilarang melintas.

“Motor disesuaikan kondisi di lapangan dan jika diperlukan sesuai pertimbangan petugas di lapangan akan dilakukan pembatasan juga,” ujar Fadli.

Penutupan akan dilakukan di enam titik, yaitu Pos Interchange 1 B, SPBU Patung ayam dari arah Ciawi, RM Cimory, SPBU Ussu, Simpang Taman Safari, dan Gunung Mas.

Meski demikian Dirjen Budi mengimbau bagi Polres Bogor untuk mempersiapkan skema evakuasi jika terjadi kepadatan di jalur puncak dan harus mengalihkan kendaraan ke rute lain.

“Penutupan arus lalu lintas di jalur puncak adalah salah satu upaya dari Satlantas Polres Bogor untuk menghindari kelebihan beban (overload) kendaraan yang akan merayakan pergantian Tahun baru di jalur Puncak,” paparnya,

Persiapan kegiatan car free night dimulai dengan sosialisasi secara masif kepada masyarakat baik melalui media cetak, media elektronik, maupun media sosial. Kata Fadli, sosialisasi tersebut dilakukan agar masyarakat lebih mengetahui tentang pelaksanaan kegiatan car free night.

“Mengimbau kepada masyarakat yang akan mengarah ke puncak untuk dapat mengikuti waktu penutupan tersebut. Harapannya adalah warga akan berlibur di Puncak agar naik sebelum waktu penutupan, karena setelahnya tidak ada lagi kendaraan roda empat yang diberikan akses ke puncak. Kami juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam forum dishub dan PHRI,” jelasnya.

ketika masa liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru tiba, banyak masyarakat yang ingin berlibur ke Puncak Bogor sehingga terjadi lonjakan arus lalu lintas. Oleh karena itu rekayasa lalu lintas yang tepat adalah dengan rekayasa one way. Dengan one way maka kapasitas jalan menjadi lebih besar guna menampung arus kendaraan dari bawah maupun dari atas.

Kapolres Bogor, Ajun Komisaris Besar M Joni menjelaskan, rekayasa pembatasan kendaraan adalah merupakan program tahunan menjelang setiap pergantian tahun.

“Kami akan menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas di wilayah bogor (Puncak) menjelang Natal dan pergantian Tahun Baru, oleh karenanya itu kami perlu melakukan rekayasa-rekayasa arus lalulintas sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat semua golongan dan kepentingan bersama” ujar Joni.

{Ragam sumber/DN}