Beranda BISNIS

M-3 dan LAPAN Berhasil Kembangkan PPTA Tipe M3LSU03

709
Pesawat terbang tanpa awak
Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) Produksi PT. Mandiri Mitra Muhibah ( M-3 ).

Serpong, SUARA TANGSEL – Pasca penandatangan MoU antara PT Mandiri Mitra Muhibbah (M-3) dan Lembaga Nasional Indonesia Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, yang dilakukan di Graha Widya Bhakti, daerah Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan – Banten, awal tahun 2015.

Kemarin, M-3 dan LAPAN telah memamerkan salah satu pesawat terbang tanpa awak (PPTA) tipe M3LSU03 karya kedua lembaga ini, kepada Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla (JK) disela-sela kunjungannya dalam acara peresmian program pengembangan IPTEK dan Antariksa untuk pemantauan sumber daya alam dan lingkungan di Puspitek Serpong, Rabu (22/6).

Pesawat Tanpa Awak Buatan PT. Mandiri Mitra Muhibah ( M-3 )
Pesawat Tanpa Awak Buatan PT. Mandiri Mitra Muhibah ( M-3 )

Menurut Direktur Operasioanl M-3, Beka Masinggil, M.Sc, pasca penandatanganan MoU, M-3 dan LAPAN pada tahun 2015, kami terus melakukan pengembagnan melalui penelitian dan pengujian secara berkala hingga diproduksikannya PPTA tipe M3LSU03, yang memiliki spesifikasi dan kempuan terbang secara outonomous dengan vidio streaming dan dapat merekam vidio sepanjang 21 km.

“Hingga saat ini M-3 dan LAPAN masih terus melakukan pengembangan teknologi PTTA, dan kami berharap teknologi PTTA yang kami kembangakan ini (M3LSU03) dapat memberikan manfaat bagi kemandirian teknologi alustista di Indonesia,” ujar Beka Masinggil.

Lanjut Beka, “Kami berkomitmen kuat untuk terus mengembangkan teknologi ini agar kompetensi peneliti dan industri dalam negeri dapat terus meningkat serta dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negri,” kata Beka Masinggil.

Tentang PT Mandiri Mitra Muhibbah (M-3)

Didirikan pada tahun 2002, PT Mandiri Mitra Muhibbah adalah sebuah perusahaan yang menawarkan layanan khusus dalam perbaikan dan pemeliharaan sistem komunikasi elektronik dan sistem senjata Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dalam mendukung TNI, M-3 telah memproduksi Sasaran Drones sejak tahun 2005. Sasaran Drone adalah kecepatan tinggi serangan pesawat militer yang digunakan sebagai sasaran tembak saat latihan militer bersama menggunakan senjata anti-pesawat dan sistem senjata dipandu. (Hendra)