Beranda PROFIL

Laskar Betawi DPD Tangsel

824
Laskar Betawi DPD Tangsel

Ciputat, SUARA TANGSEL – Laskar Betawi, secara etimologi berasal dari kata laksar artinya tentara, kelompok serdadu atau pasukan, sementara kata Betawi digunakan untuk menyatakan suku asli yang menghuni Jakarta atau Batavia.  Dengan demikian, berarti Laskar Betawi merupakan kelompok serdadu atau orang yang terlatih atau terdidik baik secara fisik maupun mental dari kalangan suku asli Jakarta, yang siap membela kepentingan orang Betawi di mana pun mereka tinggal, dan siap membela nusa bangsa dan tanah air Indonesia.

Meski organisasi ini merupakan tempat berhimpunnya orang-orang Betawi, tetapi sesungguhnya organisas ini bersifat terbuka, tidak membeda-bedakan, ras, suku, agama, serta latar belakang politik dan sosial lainnya.

Laskar Betawi merupakan salah satu dari organisasi kemasyarakatan (Ormas) orang Betawi seperti Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi), Persatuan Orang Betawi (POB) dan Betawi Rempug ( FBR), dan masih banyak lagi ormas orang Betawi lainnya. Menurut ketua Lembaga Budaya Betawi, Yahya Andi Saputra, hingga sekarang kurang lebih ada 74 ormas Betawi yang sah.

Lahirnya Laskar Betawi tidak bisa dilepaskan dari peran serta H Entjang Hasanudin, sosok fenomenal putra Betawi, yang memiliki segudang pengalaman di bidang pemerintahan dan bisnis,  berpikir maju, semata-mata mengabdikan diri untuk  kepentingan masyarakat atau orang Betawi, dan salah satunya ikut terlibat membesarkan Laskar Betawi, dengan menjabat sebagai ketua umum.

Menurut, H Entjang, selama ini ia sering diminta oleh para tokoh masyarakat Betawi untuk kembali terlibat  secara langsung membangun organisasi kemasyarakatan, tetapi ia belum sepenuh hati berpikir ke arah sana. Namun setelah ditunjuk untuk menjadi Ketua Umum Laskar Betawi, ia kembali menancapkan niat serta tekatnya untuk kembali mempersatukan seluruh elemen masyarakat Betawi, karena menurtu H Entjang , dengan persatuan yang kuat maka fungsi masyarakat Betawi akan menjadi semakin besar manfaatnya, kata  H Entjang dikutip dari  https://dpplaskarbetawi.wordpress.com.

Laskar Betawi DPD Tangsel

Hadirnya Laskar Betawi di kota Tangerang Selatan, yang ditandai dengan pengukuhan pengurus Laskar Betawi DPD Tangsel, di GOR Ciputat, pada Jumat, (8/4) malam lalu, secara kelembagaan akan memperkuat posisi tawar organisasi ini ke depan, setidaknya dalam masalah-masalah politik dan social kemasyarakatan.

Keberadaan Laskar Betawi DPD Tangsel tidak bisa dilepas dengan peran serta anak muda Betawi yang ada di Tangsel. Sebut saja, Herman Susanto, H Syamsudin, Fudholi Amri dan masih banyak lagi, mereka-mereka inilah yang menjadi unjung  tombak organisasi massa berbasis anggota suku asli Betawi di Tangsel.

Semoga kehadiran organisasi ini di kota yang terkenal dengan julukan kota cerdas, modern dan religius ini dapat menjadi perekat dan pemersatu dari beragam ormas orang Betawi yang sudah ada, sekaligus merupakan wadah tempat berhimpun dan berkumpulnya masyarakat Betawi  untuk suatu maksud dan tujuan memberdayaan warga Betawi di mana pun mereka tinggal agar tidak ketinggal dengan warga masyarakat lainnya.

Alhamdulillah, kami Laskar Betawi merupakan wadah silaturahmi seluruh masyarakat Betawi . Kami laskar Betawi ingin orang Betawi maju dan tidak ketinggalan dengan masyarakat  yang lainnya, terlebih untuk  membangun daerahnya sendiri, itu sangat  penting, jangan sampai orang Betawi tertinggal dari  masyarakat lain, “kata Herman. Jumat (8/4) di GOR Ciputat, Tangsel, Banten.

(Ris)