Beranda TOPIK UTAMA NASIONAL

KPK Klaim Banyak Calon Menteri Bermasalah

383

SUARATANGSEL.COM, KPK Klaim Banyak Calon Menteri Susunan Kabinet Jokowi Bermasalah. Pasca pelantikan Presiden Indonesia ke-7, tugas Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi adalah mengumumkan siapa saja para menteri yang akan bergabung dalam kabinetnya. Sebelum melakukan pengumuman kabinet Menteri, Jokowi telah lebih dulu melakukan pemanggilan terhadap sejumlah calon menterinya, meski masih belum ada pernyataan resmi mengenai siapa saja mereka. Selain itu, Jokowi juga berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait latar belakang calon orang-orangnya ini.

Lalu, bagaimana tanggapan KPK? Wakil Ketua KPK Zulkarnain menyatakan ada lebih dari satu calon menteri untuk kabinet pimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang bermasalah. Zulkarnain juga menyebutkan ada calon menteri yang berpotensi menjadi tersangka kasus korupsi. “Ini hanya sebagai pertimbangan dari sisi informasi. Tapi memang kami memberikan warna merah untuk calon yangpotential suspect tinggi,” kata Zulkarnain saat dihubungiTempo, Senin, 20 Oktober 2014.

Merah yang disebutkan Zulkarnain merujuk pada kandidat menteri Jokowi yang kemungkinan terjerat kasus korupsi. Meski demikian, Zulkarnain tidak bersedia mengungkapkan siapa saja nama-nama yang dimaksud. Dia juga bungkam saat ditanya ihwal nama-nama yang diberi warna kuning alias peringatan. “Ini masih tertutup,” katanya.